Perancangan Iklan Layanan Masyarakat (TVC) Sebagai Media Kampanye Pentingnya Melakukan Screening Sejak Dini Untuk Menghindari Risiko Kanker Serviks Bagi Wanita Indonesia Oleh PT. Ferne Health
Kanker Serviks telah menjadi salah satu penyakit dengan kasus paling banyak setelah kanker payudara yang dialami wanita di Indonesia. Untuk menghindarkan wanita muda Indonesia dari risiko terkena kanker serviks, maka penting sekali bagi mereka untuk mulai memperhatikan kesehatan seksual dan reproduksi sejak mulai aktif secara seksual atau mulai memasuki usia menikah, sebab perjalanan penyakit kanker membutuhkan waktu yang lama, sehingga kanker serviks masih dapat dicegah sedini mungkin melalui screening kanker serviks yaitu pap smear dan vaksinasi HPV. Namun wanita muda saat ini seringkali menganggap sepele terhadap pentingnya melakukan screening dan memilih untuk mem-prioristaskan pekerjaannya. Memang perjalanan penyakit kanker membutuhkan waktu yang lama sehingga belum diketahui pasti kapan seorang wanita akan terkena serviks. Maka dari itu pada perancangan karya akhir ini, penulis bermaksud untuk mengingatkan wanita di Indonesia untuk jangan lupa melakukan screening. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan melakukan langkahlangkah berupa mengumpulkan data studi literatur, melakukan peninjauan ulang terhadap dokumen yang sudah ada (document review), melakukan wawancara mendalam serta observasi lapangan. Salah satu cara untuk membantu mengingatkan wanita di Indonesia untuk melakukan screening yaitu dengan melakukan kegiatan kampanye. Kegiatan kampanye yang akan dilakukan adalah melalui sosial media, penyampaian edukasi melalui sosial media dirasa lebih efektif untuk dapat menjangkau wanita muda saat ini yang sering memanfaatkan sosial media untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi. Kampanye yang dilakukan juga hadir dalam bentuk tagar, sehingga mampu menarik perhatian dan dapat menjadi trending sebagai strategi untuk meningkatkan awareness dari masyarakat khususnya kaum wanita muda mulai kelahiran 1997 – 2001 (Gen Z). Solusi yang dapat ditawarkan dari bidang desain komunikasi visual sebagai media kampanye untuk menjangkau audience, salah satunya adalah TVC (Iklan Layanan Masyarakat).
Kata Kunci : Kanker Serviks, Screening, Wanita Muda, Kesehatan Seksual, Kampanye
Kata Kunci : Kanker Serviks, Screening, Wanita Muda, Kesehatan Seksual, Kampanye
Fitary Makassanara Dimpu - Personal Name
120201015 - Fitary Makassanara Dimpu
Skripsi DKV
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...