Perancangan Kemasan Produk dan Media Promosi dari Bakmi Pangsit Menteng Pulo Untk Meningkatkan Citra Merek
Bakmi merupakan sajian makanan dari bahan mie gandum yang secara umum terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dengan sebutan yamin, yahun atau mie ayam. Hidangan ini terbuat dari mie gandum yang telah diproses dengan cara direbus dan dibumbui dengan bahan daging dan sayur-sayuran. Dalam hal ini, kegemaran masyarakat dalam mengonsumsi bakmi semakin meningkat pertahun dan menjadikan peluang bisnis bagi masyarakat yang ingin mendirikan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Bakmi Pangsit Menteng Pulo merupakan usaha kuliner yang menjual produk makanan cepat saji bakmi dalam bentuk home industry atau industri prumahan yang berlokasi didaerah Menteng Pulo, Tebet, Jakarta Selatan. Bahan bakmi yang digunakan dalam menyajikan makanan ini sangat bervariasi dengan bermacam jenis mie berdasarkan manu yang disediakan, seperti mie ayam, bakmi lebar, kwetiau, bihun, dan lainnya. Produk Bakmi Pangsit Menteng Pulo ini ditunjukan kepada masyarakat yang cocok untuk dikonsumsi anak muda hingga remaja berusia 17-25 tahun dan 26-30 tahun yang memiliki ketertarikan dibidang kuliner bakmi, mendominasi berkelompok, pertemanan, dan menikmati waktu diperumahan atau rumah. Dalam hal ini, kemasan Bakmi Pangsit Menteng Pulo belum memiliki desain yang dapat mengidentifikasikan produk, serta penggunaan media promosi yang kurang update dalam menyampaikan pesan kepada target audiens. Hal ini yang mendorong penulis dalam penelitian ini untuk merancang kemasan produk dan media promosi dari Bakmi Pangsit Menteng Pulo untuk meningkatkan citra merek. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan data yang diperoleh dari study literature, in depth interview, document review, dan observasi, serta beberapa pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Hasil dari penelitian ini mendapatkan visual illustrasi dengan motif karakter bakmi, manusia, dan kota untuk diterapkan kedalam perancangan. Dengan demikian, kesimpulannya yaitu dengan melakukan perancangan kemasan produk dan media promosi, diharapkan mampu meningkatkan citra merek dari Bakmi Pangsit Menteng Pulo.
Kata Kunci: Bakmi, UMKM, Home Industry, Kemasan Produk, Media Promosi
Kata Kunci: Bakmi, UMKM, Home Industry, Kemasan Produk, Media Promosi
Arif Rochman - Personal Name
119101098 - Arif Rochman
Skripsi DKV
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...