Komunikasi Interaktif Berbasis Internet Dalam Upaya Membangun Relasi positif Dengan Publik (Studi kasus di Telkomsel)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana komunikasi interaktif berbasis internet yang dilakukan Telkomsel dalam upayanya membangun relasi yang positif dengan publik. Penelitian ini menarik, mengingat penerapan best practice terhadap pemanfaatan aneka platform media sosial sebagai saluran komunikasi dan sekaligus membangun relasi positif kepada publik menjadi sangat relevan dilakukan dewasa ini. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus yang menggunakan pengumpulan data melalui observasi serta wawancara terhadap manajemen Telkomsel yang bertanggung jawab dalam melakukan komunikasi publik terutama melalui media sosial. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Telkomsel membuka seluas-luasnya platform media sosial dan dijadikan salah satu tempat untuk melakukan komunikasi kepada stakeholdernya dan sebagai saluran interaksi utama dengan customer melalui pengelolaan unit khusus untuk mengelola jawaban atas pertanyaan yang masuk melalui fitur komen dari akun media sosial resmi perusahaan tetunya pemanfaatan media sosial ini juga melengkapi saluran lainnya yang sudah terbih dahulu digunakan oleh Telkomsel. Tentunya ada ruang untuk peningkatan kualitas terhadap konten yang disampaikan maupun pengelolaan dalam merespon customer. Peningkatan terhadap kolaborasi dan alignment antar divisi pengelola sangat disarankan agar terjadi keseragaman payung komunikasi konten yang tentunya menuju tujuan perusahaan yang tentu juga sama.
Kata kunci : media sosial, komunikasi interaktif, komunikasi korporat
Kata kunci : media sosial, komunikasi interaktif, komunikasi korporat
Aldin Hasyim - Personal Name
218121002 - Aldin Hasyim
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...