Perancangan Visual UI dan UX e-Menu Kedai Berdikari Kopi Bekasi Sebagai Sistem Pemesanan
Electronic Menu atau biasa yang disebut E-Menu adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan pemesanan makanan atau minuman pada sebuah rumah makan atau restaurant yang dilakukan secara elektronik. Berdikari Kopi merupakan salah satu coffe shop yang ramai diminati oleh remaja dan orang dewasa. Usaha ini dirintis oleh Mukhlas Prayogo sejak 23 Maret 2018 yang beralamat di jalam Mangun Jaya raya Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Berdikari Kopi memiliki konsep untuk menarik pelanggannya, yaitu mewadahi ruang belajar dan apresiasi untuk kalangan anak remaja. Jumlah pelanggan yang banyak setiap acara, para pegawai Berdikari Kopi mengalami kesulitan dalam mengelola pesanan pelanggan. Salah satunya pencatatan pesanan secara manual dengan menggunakan kertas, sehingga catatan pesanan sering mengalami miss komunikasi dengan pelanggan dalam pembuatan menu pesanan. Hal tersebut akan membuat pelanggan merasa tidak puas terhadap layanan dan kehilangan loyalitas pelanggan. Pada kasus yang di dapat pada Berdikari Kopi sering terjadi kesalahaan komunikasi pada pelanggan tentang ketersedian menu makanan dan minuman sehingga membuat interaksi pelanggan menjadi lama karena belum adanya informasi ketersediaan menu makanan dan minuman yang berlanjut pada menu tersebut, dampak dari kejadian ini pelanggan lain harus menunggu ketika ingin memesan. Selain itu pelayan juga mengalami kesulitan ketika mencatat pesanan menu pelanggan yang dicatat secara manual di kertas. Pencatatan pesanan menu secara manual kurang efektif dan efisien dari sisi waktu. Agar lebih memudahkan pengunjung maupun pegawai, tujuan perancangan visual sistem pemesanan e-menu ini dengan menerapkan perinsip desain yang baik, iv benar sehingga nantinya menghadirkan aplikasi mobile website, simpel, fleksibel dan efisien yang akan digunakan sebagai daya tarik Berdikari Kopi itu sendiri untuk semakin memudahkan dalam pemesanan. Untuk meningkatkan daya tarik e-menu ini dilakukannya kegiatan promosi dengan konsep laucnhing pada hari berdirinya Berdikari Kopi di kedainya. Tujuan media promosi merupakan salah satu kegiatan untuk menyampaikan, menyebarkan, dan menawarkan produk atau jasa yang dijualnya agar calon konsumen tertarik untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa e-menu ini, dalam Perancangan E-Menu ini menghasilkan sebuah desain mobile website sebagai media platform e-commerce yang berisikan tentang tentang rancangan visual pemesanan e-menu mulai dari moodboard, konsep, sistem grid, warna, tipografi. Media pendukung yang digunakan untuk mendukung media utama diantaranya sosial media post, x-banner, poster, flyer, notebook, Pulpen, tumbler, mug dan qr code
Kata Kunci: E-Menu, Berdikari Kopi, Mobile Website
Kata Kunci: E-Menu, Berdikari Kopi, Mobile Website
Rizky Akbar Lazuardi - Personal Name
119201016 - Rizky Akbar Lazuardi
Skripsi DKV
Indonesia
Universitas Paramadina
2022
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...