Membidik Millenial Lewat Theme Song
Pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 29 Juni 2020 lalu, BKKBN (Badan
Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) melakukan peluncuran theme song baru berjudul
“Berencana Itu Keren”, yang dinyanyikan oleh Prily Latuconsina. Sedangkan aransemennya dilakukan olehpenulis lagu terkenal Melly Goeslaw. Theme Song ini ditujukan kepada generesi milenial dan zelenial yang menjadi khalayak utama BKKBN saat ini, karena generasi inilah yang menjadi tumpuan pembangunan nasional saat ini dan di masa depan. Theme song ini diaransemen dengan nada yang sangat mudah diikuti dan ceria. Namun apakah theme song ini mampu mempengaruhi pemahaman target mereka terhadap pesan yang ingin disampaikan?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi deskriptif, yang
bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh isi pesan theme song BKKN “Berencana Itu Keren”
terhadap Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa. Ada pun responden dalam penelitian ini adalah
mahasiswa di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan korelasinya rendah, hanya berpengaruh
sebesar, 0,371. Artinya responden sudah terlebih dahulu memahami isi pesan misi BKKBN. Theme song ini hanya berfungsi sebagai pengingat (reminder). Hal ini bisa saja terjadi karena responden sudah terlebih dahulu tertepa infomasi serupa melalui saluran Youtube yang dibuat oleh content creator muda yang membuat isi vlog mereka dengan pesan-pesan serupa.
Oleh karena itu peneliti memberikan saran sebaiknya BKKBN mulai menggunakan media-media yg
dekat dengan milinial dan zenilial, seperti Instagram Live, Tik Tok, Podcast Youtube dan sebagainya. Selain itu juga harus lebih memperhatikan gaya bahasa dan isi konten itu sendiri, sehingga terasa dekat dengan milenial dan zenilial.
Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) melakukan peluncuran theme song baru berjudul
“Berencana Itu Keren”, yang dinyanyikan oleh Prily Latuconsina. Sedangkan aransemennya dilakukan olehpenulis lagu terkenal Melly Goeslaw. Theme Song ini ditujukan kepada generesi milenial dan zelenial yang menjadi khalayak utama BKKBN saat ini, karena generasi inilah yang menjadi tumpuan pembangunan nasional saat ini dan di masa depan. Theme song ini diaransemen dengan nada yang sangat mudah diikuti dan ceria. Namun apakah theme song ini mampu mempengaruhi pemahaman target mereka terhadap pesan yang ingin disampaikan?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan studi deskriptif, yang
bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh isi pesan theme song BKKN “Berencana Itu Keren”
terhadap Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa. Ada pun responden dalam penelitian ini adalah
mahasiswa di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan korelasinya rendah, hanya berpengaruh
sebesar, 0,371. Artinya responden sudah terlebih dahulu memahami isi pesan misi BKKBN. Theme song ini hanya berfungsi sebagai pengingat (reminder). Hal ini bisa saja terjadi karena responden sudah terlebih dahulu tertepa infomasi serupa melalui saluran Youtube yang dibuat oleh content creator muda yang membuat isi vlog mereka dengan pesan-pesan serupa.
Oleh karena itu peneliti memberikan saran sebaiknya BKKBN mulai menggunakan media-media yg
dekat dengan milinial dan zenilial, seperti Instagram Live, Tik Tok, Podcast Youtube dan sebagainya. Selain itu juga harus lebih memperhatikan gaya bahasa dan isi konten itu sendiri, sehingga terasa dekat dengan milenial dan zenilial.
LPD 0032
LPD
Laporan Hasil Penelitian
Indonesia
Universitas Paramadina
2021
Jakarta
9 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...