Perancangan Buku Panduan Ukur Pakaian Dalam bagi Perempuan Remaja
Abstrak
Salah satu produk pakaian yang paling personal adalah pakaian dalam. Sama seperti produk sandang lainnya seperti baju, sepatu, maupun celana; tiap produk pakaian dalam memiliki ukuran dan jenis yang beragam. Standar pengukuran diciptakan untuk memudahkan calon pengguna dalam menentukan ukuran mana yang paling sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Ukuran yang sesuai tentu akan membawa manfaat bagi pengguna pula. Manfaat tersebut dapat ditinjau dari aspek kenyamanan pengguna, fesyen, hingga medis. Namun, berdasarkan data survey ditemukan bahwa hanya 13 dari 100 perempuan yang sudah tahu cara menghitung ukuran pakaian dalam yang akan digunakan. Sisanya sebesar 87 perempuan masih mengandalkan feeling atau insting, dan mencoba-coba pakaian dalam sebelum membelinya. Ditemukan pula bahwa pada kenyataannya beberapa perempuan kurang bisa membedakan tanda-tanda bagaimana pakaian dalam bisa dikatakan sudah tepat atau masih salah ukuran. Selain itu, keberadaan sumber informasi yang terpercaya dan lengkap mengenai penentuan ukuran pakaian dalam perempuan masih sangat minim, khususnya yang berbahasa Indonesia. Dari uraian tersebut, perancang bermaksud untuk mendesain media edukasi dalam bentuk buku yang mengulas tentang penggunaan pakaian dalam yang tepat bagi perempuan remaja. Terkait dengan bidang desain komunikasi visual, strategi komunikasi dan strategi kreatif disesuaikan dengan target, dalam hal ini yaitu perempuan remaja berusia 15-21 tahun.
Kata kunci: pakaian dalam, perempuan, buku panduan
Salah satu produk pakaian yang paling personal adalah pakaian dalam. Sama seperti produk sandang lainnya seperti baju, sepatu, maupun celana; tiap produk pakaian dalam memiliki ukuran dan jenis yang beragam. Standar pengukuran diciptakan untuk memudahkan calon pengguna dalam menentukan ukuran mana yang paling sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Ukuran yang sesuai tentu akan membawa manfaat bagi pengguna pula. Manfaat tersebut dapat ditinjau dari aspek kenyamanan pengguna, fesyen, hingga medis. Namun, berdasarkan data survey ditemukan bahwa hanya 13 dari 100 perempuan yang sudah tahu cara menghitung ukuran pakaian dalam yang akan digunakan. Sisanya sebesar 87 perempuan masih mengandalkan feeling atau insting, dan mencoba-coba pakaian dalam sebelum membelinya. Ditemukan pula bahwa pada kenyataannya beberapa perempuan kurang bisa membedakan tanda-tanda bagaimana pakaian dalam bisa dikatakan sudah tepat atau masih salah ukuran. Selain itu, keberadaan sumber informasi yang terpercaya dan lengkap mengenai penentuan ukuran pakaian dalam perempuan masih sangat minim, khususnya yang berbahasa Indonesia. Dari uraian tersebut, perancang bermaksud untuk mendesain media edukasi dalam bentuk buku yang mengulas tentang penggunaan pakaian dalam yang tepat bagi perempuan remaja. Terkait dengan bidang desain komunikasi visual, strategi komunikasi dan strategi kreatif disesuaikan dengan target, dalam hal ini yaitu perempuan remaja berusia 15-21 tahun.
Kata kunci: pakaian dalam, perempuan, buku panduan
Ciayuri Nurhidayah - Personal Name
112101001 - Ciayuri Nurhidayah
Skripsi DKV
Indonesia
Universitas Paramadina
2017
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...