Perancangan Media Aplikasi Untuk Meningkatkan Brand Loyalty Suporter Terhadap Klub AREMA Malang
AREMA merupakan salah satu klub sepak bola asal Kota Malang yang dikelola secara modern dan terbuka terhadap sebuah inovasi. Dalam perkembangannya AREMA tidak sekedar mengelola klub sepak bola, tetapi juga mengelola entitas (sesuatu yang berbeda) non football yang tidak hanya berorientasi kepada profit, yakni pengelolaan sponsorship, merchandise, event, sekolah sepak bola, dan edukasi. Edukasi tentang sikap ksatria yang harus dimiliki oleh suporternya, yaitu memiliki sikap yang berani, semangat, kebanggaan, dan mampu menerima apapun yang terjadi terhadap klubnya. Loyalitas suporter AREMA ditunjukkan dengan membeli tiket, merchandise, dan apparel klub juga memberikan citra yang baik terhadap AREMA. Akan tetapi, Rivalitas sebuah klub sepak bola yang terjadi dan berlebihan, hal itu akan menimbulkan adanya sikap fanatisme negatif bagi suporter. Penelitian ini ditujukan untuk membantu mengarahkan fanatisme negatif menjadi loyalitas positif bagi suporter, selain itu dibutuhkan media komunikasi yang efektif antara AREMA dan suporternya untuk mengedukasi. Media komunikasi ini dirancang dengan menggunakan media baru yaitu media aplikasi pada smartphone. Dengan dirancangnya aplikasi ini diharapkan dapat mengarahkan fanatisme negatif menjadi loyalitas positif bagi suporter dalam mendukung klub dengan mengkomunikasikan sikap selayaknya ksatria yang dimiliki oleh AREMA.
Kata Kunci: AREMA, Malang, Ksatria, dan Aplikasi.
Kata Kunci: AREMA, Malang, Ksatria, dan Aplikasi.
Muhammad Zaenuri - Personal Name
112101005 - Muhammad Zaenuri
Skripsi DKV
Indonesia
Universitas Paramadina
2016
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...