Pengaruh Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia (Group of Regional Newspaper Kompas Gramedia)
Persaingan industri media massa di Indonesia semakin ketat. Begitu juga di segmen bisnis surat kabar daerah. Berbeda dengan surat kabar nasional, pengelolaan surat kabar daerah memiliki ciri khusus. Saat ini, ada dua grup besar yang memiliki bisnis tersebut, yakni Jawa Pos Group dan Kompas Gramedia. Faktor kinerja karyawan sebagai basis utama, menjadi hal menarik untuk dilakukan penelitian.
Karena itulah, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian tentang pengaruh Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia (Group of Regional Newspaper Kompas Gramedia). Budaya Perusahaan diukur dengan 7 (tujuh) dimensi yaitu inovasi dan pengambilan resiko, perhatian pada hal detail, orientasi hasil, orientasi orang, orientasi tim, keagresifan dan kompetitif serta kemantapan.
Sementara variabel Gaya Kepemimpinan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan 15 (lima belas) pernyataan yang dikelompokan ke dalam 6 (enam) dimensi yaitu direktif (mengarahkan), supportif (mendukung), partisipatif, orientasi prestasi, inovatif dan motivatif.
Iklim Komunikasi dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan 22 (dua puluh dua) pernyataan yang dikelompokan ke dalam 6 (enam) dimensi yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama (partisipatif), kejujuran, keterbukaan komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan memikirkan tujuan-tujuan berkinerja tinggi.
Sedangkan Kinerja Karyawan diukur dengan menggunakan sebelas pernyataan yang dikelompokan ke dalam 7 (tujuh) dimensi yaitu kuantitas kerja (quantity of work), pengetahuan kerja (job knowledge), kreativitas (creativeness), kerja sama (cooperation), ketepatan waktu (timekeeping), inisiatif (initiative) dan kualitas personal (personal qualities).
Peneliti menggunakan analisa regresi berganda untuk mengetahui pengaruh Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia. Sementara metode pengambilan sampel adalah total sampling atau sensus, yakni digunakan sebanyak 110 orang karyawan PT Indopersda Primamedia.
Hasil analisa menyatakan, secara simultan, terdapat Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan, dan Iklim Komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia. Secara parsial, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi memberikan pengaruh signifikan. Sementara Budaya Perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Indopersda Primamedia.
Kata Kunci : Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan, Iklim Komunikasi, Kinerja Karyawan, Analisis Regresi
Karena itulah, peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian tentang pengaruh Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia (Group of Regional Newspaper Kompas Gramedia). Budaya Perusahaan diukur dengan 7 (tujuh) dimensi yaitu inovasi dan pengambilan resiko, perhatian pada hal detail, orientasi hasil, orientasi orang, orientasi tim, keagresifan dan kompetitif serta kemantapan.
Sementara variabel Gaya Kepemimpinan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan 15 (lima belas) pernyataan yang dikelompokan ke dalam 6 (enam) dimensi yaitu direktif (mengarahkan), supportif (mendukung), partisipatif, orientasi prestasi, inovatif dan motivatif.
Iklim Komunikasi dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan 22 (dua puluh dua) pernyataan yang dikelompokan ke dalam 6 (enam) dimensi yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan bersama (partisipatif), kejujuran, keterbukaan komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan memikirkan tujuan-tujuan berkinerja tinggi.
Sedangkan Kinerja Karyawan diukur dengan menggunakan sebelas pernyataan yang dikelompokan ke dalam 7 (tujuh) dimensi yaitu kuantitas kerja (quantity of work), pengetahuan kerja (job knowledge), kreativitas (creativeness), kerja sama (cooperation), ketepatan waktu (timekeeping), inisiatif (initiative) dan kualitas personal (personal qualities).
Peneliti menggunakan analisa regresi berganda untuk mengetahui pengaruh Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia. Sementara metode pengambilan sampel adalah total sampling atau sensus, yakni digunakan sebanyak 110 orang karyawan PT Indopersda Primamedia.
Hasil analisa menyatakan, secara simultan, terdapat Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan, dan Iklim Komunikasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan PT Indopersda Primamedia. Secara parsial, Gaya Kepemimpinan dan Iklim Komunikasi memberikan pengaruh signifikan. Sementara Budaya Perusahaan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada PT Indopersda Primamedia.
Kata Kunci : Budaya Perusahaan, Gaya Kepemimpinan, Iklim Komunikasi, Kinerja Karyawan, Analisis Regresi
Mohamad Nurfahmi Budiarto - Personal Name
211121003 - Mohamad Nurfahmi Budiarto
TESIS PGSC - CORPORATE
Tesis PGSC
Indonesia
Universitas Paramadina
2014
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...