Strategi Komunikasi Pemasaran Beeme Dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Event Marketing Beeme’s Wonderland 5 Years of Magical Moments)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Beeme dalam menarik minat beli konsumen melalui event marketing, khususnya pada acara "Beeme’s Wonderland 5 Years of Magical Moments." Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana event marketing dapat digunakan sebagai alat efektif dalam mempromosikan produk skincare dalam meningkatkan minat beli konsumen dengan mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran melalui STP (segmentasi, targeting, dan positioning) dengan menggunakan elemen 7P (product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence) dalam bauran pemasaran serta pendekatan, karakteristik, hingga fase-fase yang harus dilalui dalam pelaksanaan event marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam terhadap divisi event marketing Beeme. Peneliti melakukan observasi partisipan dengan mengamati dan terlibat langsung dan non partisipan dimana peneliti tidak terlibat dan hanya sebagai pengamat independen. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dengan empat orang narasumber dan data sekunder seperti laporan pertanggungjawaban, artikel terkait dan dokumen pelengkap yang berkaitan dengan komunikasi pemasaran skincare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yang mencakup interaksi langsung dengan konsumen selama event, promosi di media sosial, serta penggunaan elemen hiburan dalam acara, berhasil meningkatkan minat beli dan loyalitas konsumen terhadap produk Beeme. Penelitian ini menyimpulkan bahwa event marketing merupakan strategi yang sangat relevan dan efektif dalam membangun hubungan positif antara brand dan konsumen.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Event Marketing, Beeme
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Event Marketing, Beeme
Siti Nurhafiah - Personal Name
222221024 - Siti Nurhafiah
TESIS PMK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
159 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...