Analisis Nilai Konsumen pada Loyalitas (Studi Kasus Pada Xiaomi)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai konsumen pada loyalitas konsumen dengan studi kasus pada merek Xiaomi di Indonesia. Fokus penelitian adalah menguji pengaruh variabel harga (X1), estetika (X2), jaminan (X3), responsiveness (X4), dan keterlibatan merek (X5) terhadap kepuasan (Z), serta pengaruh kepuasan konsumen pada loyalitas (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 116 responden yang merupakan pengguna produk Xiaomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsiveness dan keterlibatan merek memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan konsumen, sementara harga, estetika, dan jaminan tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, kepuasan konsumen terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan pada loyalitas konsumen. Variabel keterlibatan merek memberikan kontribusi terbesar terhadap kepuasan konsumen, diikuti oleh responsiveness. Implikasi manajerial penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan pelayanan responsif dan membangun keterlibatan emosional konsumen dengan merek Xiaomi untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pemasaran Xiaomi dalam menghadapi persaingan di industri smartphone di Indonesia.
Kata Kunci: nilai konsumen, kepuasan konsumen, loyalitas, Xiaomi.
Kata Kunci: nilai konsumen, kepuasan konsumen, loyalitas, Xiaomi.
Muhammad Chairullaka Abbi Mundzani - Personal Name
223110033 - Muhammad Chairullaka Abbi Mundzani
TESIS PMM
Tesis PMM
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
78 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...