Evaluasi Aplikasi Jaki sebagai Media Pelayanan Publik Pemprov DKI Jakarta
Pemerintahan Provinsi Jakarta memiliki tujuan untuk menjadi Smart City. Adapun tujuan dari Jakarta Smart City adalah menjadi penyedia layanan public yang cepat, akurat dan modern. Realisasi Jakarta Smart City dalam pelayanan publik dirancang dalam bentuk Aplikasi JAKI (Jakarta Kini). Apalikasi JAKI adalah superaspps yang dapat diunduh pada playstore dan appstore. Aplikasi JAKI menawarkan beberapa fitur yang dibuat sesuai dengan target pada rarah pendidikan, kesehatan, sosial, perizinan, pendapatan, pengendalian bencana, pengelolaan ketentraman ketertiban dan pengendalian lingkungan. Pada penelitian ini, analisis SWOT digunakan untuk mengidetifikasi kelebihan, kekurangan, peluang dan ancama untuk Aplikasi JAKI. Selain itu, pada penelitian ini juga melihat model komunikasi pelayanan publik dan komunikasi organisasi pada penerapan layanan di Aplikasi JAKI yang dikupas berdasarkan matriks SWOT dan teori-teori pendukung. Data-data penelitian dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi para informan yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Dengan demikian, hasil penelitian mendeskripsikan hasil olahan data yang menjelaskan analisi SWOT pada aplikasi JAKI, model komunikasi pada Aplikasi JAKI dan komunikasi organisasi manajemen JAKI. Adapun hasil penelitian yang ditemukan bahwa Pada analsisi SWOT ditemukan bahwa aplikasi memiliki kelebihan pada fitur aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kekurangan pada sumber daya manusia, Aplikasi JAKI memiliki peluang dengan bekerjasama dengan pihak media massa dan melakukan sosialisai kepada masyarakat, ancama yang dapat terjadi pada Aplikasi JAKI adalah terdapat laporan palsu dan pembajakan pada sistem aplikasi yang menyebabkan eror pada sistem. Model komunikasi pada aplikasi JAKI adalah dialogis, komunikasi organisasi pada aplikasi JAKI ditermukan dalam 3 bentuk yaitu komunikasi vertikal, horizontal dan diagonal.
Kata Kunci : Aplikasi JAKI, Komunikasi Pelayanan Publik, Komunikasi Organisasi, Analisis SWOT
Daftar pustaka: (36) (1972 s.d 2024)
Kata Kunci : Aplikasi JAKI, Komunikasi Pelayanan Publik, Komunikasi Organisasi, Analisis SWOT
Daftar pustaka: (36) (1972 s.d 2024)
Verly Aulya Chanifa - Personal Name
221121022 - Verly Aulya Chanifa
TESIS PMK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...