Overconfidence Sebagai Mediator Antara Regret Aversion Bias dan Risk Tolerance Bagi Investor Muda Terhadap Invesment Decision
Pasar modal memiliki peranan penting dalam dunia perekonomian maupun penentuan kondisi kemajuan perekonomian suatu negara. Pasar modal dan investor merupakan satu kesatuan yang terus tumbuh bersama. Pasar modal Indonesia terus tumbuh dimana saat ini investor didominasi oleh Generasi Millenial atau Gen Z yaitu sebesar 35% di Jawa Barat. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara bias kognitif terhadap Invesment Decision pada investor muda. Dimana metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan jumlah sample 150 orang yang dengan berbagai instrument investasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara regret aversion bias, risk tolerance dan overconfidence berpengaruh terhadap Invesment Decision. Selain itu secara signifikan risk tolerance melalui overconfidence mempengaruhi Invesment Decision, hal serupa juga terjadi pada variable regret aversion bias yang secara signifikan melalui overconfidence mempengaruhi Invesment Decision bagi investor muda.
Kata kunci : regret aversion bias, risk tolerance, overconfidence, Invesment Decision, Gen Z
Kata kunci : regret aversion bias, risk tolerance, overconfidence, Invesment Decision, Gen Z
Entis Sutisna - Personal Name
223110040 - Entis Sutisna
Tesis PMM
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...