Analisa Deskriptif Kualitas Pelayanan: Mengidentifikasi Faktor Pendorong Utama Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di Klinik Hewan X
Sumber Daya Manusia merupakan hal utama yang berperan aktif dalam menggerakkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Fokus manajemen sumber daya manusia dalam proses penyesuaian ini adalah faktor pendorong utama dan meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis 1) persepsi konsumen mengenai aspek structure dalam kualitas pelayanan perawatan hewan di Klinik Hewan X; 2) persepsi konsumen mengenai aspek process dalam kualitas pelayanan perawatan hewan di Klinik Hewan X; 3) persepsi konsumen mengenai aspek outcome dalam kualitas pelayanan perawatan hewan di Klinik Hewan X; 4) persepsi konsumen secara keseluruhan mengenai kualitas pelayanan perawatan hewan di Klinik Hewan X. Populasi penelitian yaitu 200 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel Structure memiliki rata-rata 4,036 (baik), dengan indikator tertinggi pada penampilan staf dan ketersediaan dokter (4,160) dan terendah pada penampilan dokter (3,830), yang masih memiliki ruang untuk perbaikan; 2) Variabel Process berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 4,241. Indikator tertinggi adalah komunikasi dokter dalam menjelaskan prosedur (4,480), sementara yang terendah adalah kelengkapan pemeriksaan dokter (3,820), yang menunjukkan perlunya peningkatan dalam aspek pemeriksaan; 3) Variabel Outcome menunjukkan kategori baik dengan rata-rata 4,083. Responden menilai perawatan efektif dalam mengurangi rasa sakit hewan (4,110), tetapi pemulihan pasca-perawatan (4,050) masih dapat ditingkatkan; 4) Secara keseluruhan, kualitas layanan berada dalam kategori baik dengan rata-rata 4,138. Aspek ketelitian pemeriksaan pasien mendapatkan apresiasi tertinggi (4,290), sedangkan ketelitian petugas medis (3,880) masih perlu ditingkatkan.
Kata Kunci: Structure, Process, Outcome, dan Kualitas layanan.
Kata Kunci: Structure, Process, Outcome, dan Kualitas layanan.
Eki Bahtiar - Personal Name
221110043 - Eki Bahtiar
Tesis PMM
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...