Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mendukung Education for Sustainable Development (ESD) dan Agenda Global Sustainable Development Goals (SDGS)
Pendidikan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) berperan penting dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam sektor pendidikan. Di Indonesia, penerapan Kurikulum Merdeka dianggap sebagai strategi inovatif dalam membangun pendidikan yang berbasis keberlanjutan. Namun, keterkaitan antara pengembangan SDGs melalui ESD serta strategi pengembangan Kurikulum Merdeka dalam penerapan ESD masih memerlukan kajian lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode teknik pengumpulan data wawancara untuk mengeksplorasi hubungan antara ESD dan SDGs dalam sistem pendidikan serta strategi pengembangan Kurikulum Merdeka dalam mendukung pendidikan berkelanjutan di Indonesia. Sumber data meliputi kebijakan nasional dan global terkait SDGs, dokumen pendidikan, serta penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ESD memiliki peran strategis dalam mendukung pencapaian SDGs, terutama dalam aspek pendidikan berkualitas (SDG 4), kesetaraan gender (SDG 5), serta inovasi dan pembangunan berkelanjutan (SDG 9). Selain itu, Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran berbasis proyek dan pemecahan masalah, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keberlanjutan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi ESD dalam Kurikulum Merdeka dapat menjadi strategi efektif dalam mendukung agenda global SDGs, meskipun masih terdapat tantangan dalam implementasi, seperti kesiapan pendidik dan infrastruktur pendidikan yang belum merata.
Kata Kunci: Education for Sustainable Development, Sustainable Development Goals, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Berkelanjutan, SDG 4
Kata Kunci: Education for Sustainable Development, Sustainable Development Goals, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Berkelanjutan, SDG 4
Muhammad Fitri Jazuli - Personal Name
222131053 - Muhammad Fitri Jazuli
TESIS PMH
Tesis PMH
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
38 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...