Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Terpaan Tayangan "Clash of Champions" di Youtube terhadap Minat Belajar di Kalangan Pelajar

Kemunculan media sosial dalam kehidupan masyarakat telah mempermudah akses terhadap berbagai informasi, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu contoh konten edukasi yang menarik adalah tayangan “Clash of Champions” yang disajikan oleh akun Ruangguru di kanal YouTubenya. Program ini merupakan sebuah kompetisi edukasi yang menghadirkan mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas. Tayangan ini dapat membangkitkan minat belajar di kalangan penontonnya. Berdasarkan hal tersebut, Tujuan Penelitian ini untuk mengkaji “Pengaruh Terpaan Tayangan “Clash of Champions” di YouTube terhadap Minat Belajar di Kalangan Pelajar”. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei eksplanatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden, yang merupakan pelanggan akun YouTube @ruangguru. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel yang digunakan. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan program SPSS versi 26 dengan uji korelasi dan regresi linier sederhana oleh Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan dimensi frekuensi, durasi, dan atensi, terpaan tayangan "Clash of Champions" berada dalam kategori interval tinggi. Sebanyak 79 responden (79%) pada dimensi frekuensi, 50 responden (50%) pada dimensi durasi, dan 94 responden (94%) pada dimensi atensi. Hasil analisis korelasi mengindikasikan adanya hubungan yang kuat antara terpaan tayangan “Clash of Champions” di YouTube dengan minat belajar di kalangan pelajar, dengan nilai korelasi sebesar 0,707. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan nilai R Square sebesar 0,500, yang berarti terpaan tayangan ini memberikan kontribusi sebesar 50% terhadap peningkatan minat belajar di kalangan pelajar, khususnya responden yang merupakan subscribers @ruangguru, sementara 50% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terpaan tayangan “Clash of Champions” terbukti cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar di kalangan pelajar, khususnya di antara para subscribers akun YouTube @ruangguru. Penelitian ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak produksi tayangan edukasi serupa di masa depan. Dengan pengemasan yang lebih menarik, tayangan-tayangan tersebut berpotensi untuk semakin memotivasi dan meningkatkan minat belajar di kalangan pelajar.
Kata Kunci : Terpaan Tayangan, Pendidikan, YouTube, Minat Belajar
121106006 - Jesica Prameswari Yapasaputri
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
115 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...