Strategi Promosi Produk Telkomsel Melalui Media Tokopedia Play
Latar Belakang: PT Telekomunikasi Selular, atau Telkomsel, adalah operator telepon seluler di Indonesia dan Singapura. Telkomsel menggunakan berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan aplikasi MyTelkomsel untuk memperluas jangkauan pemasarannya. Telkomsel memanfaatkan Tokopedia Play sebagai bagian dari strategi pemasarannya untuk melakukan live streaming penjualan dan menarik perhatian gamer dan remaja dengan berbagai promosi. Tokopedia dan Telkomsel resmi memulai kerja sama pada tahun 2016 dengan tujuan memungkinkan jutaan pengguna dari kedua platform untuk membeli pulsa melalui Tokopedia. Tujuan Telkomsel adalah untuk memperkuat posisinya di pasar digital dan mempermudah akses dan pengalaman berbelanja pengguna.
Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang strategi promosi penjualan yang digunakan Telkomsel saat melakukan transaksi penjualan melalui Live Streaming di Tokopedia.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dengan manajer bisnis B2B PT Kinarya Selaras Solusi.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Telkomsel menggunakan platform Tokopedia Play untuk melakukan Live Streaming penjualan produknya dan memanfaatkan komunikasi dua arah yang aktif dengan pelanggannya, yang berhasil menumbuhkan ketertarikan tinggi antara pelanggan dan perusahaan. Selain itu, Telkomsel memasukkan metode SOSTAC ke dalam strategi penjualan mereka.
Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Telkomsel menggunakan Tokopedia Play sebagai strategi promosi untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.
Kata Kunci : Strategi Digital Marketing, SOSTAC, Promosi
Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang strategi promosi penjualan yang digunakan Telkomsel saat melakukan transaksi penjualan melalui Live Streaming di Tokopedia.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dengan manajer bisnis B2B PT Kinarya Selaras Solusi.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Telkomsel menggunakan platform Tokopedia Play untuk melakukan Live Streaming penjualan produknya dan memanfaatkan komunikasi dua arah yang aktif dengan pelanggannya, yang berhasil menumbuhkan ketertarikan tinggi antara pelanggan dan perusahaan. Selain itu, Telkomsel memasukkan metode SOSTAC ke dalam strategi penjualan mereka.
Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Telkomsel menggunakan Tokopedia Play sebagai strategi promosi untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.
Kata Kunci : Strategi Digital Marketing, SOSTAC, Promosi
Putri Permatasari - Personal Name
120106046_Putri Permatasari
SKRIPSI IKOM
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
76 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...