Perancangan Identitas Visual Ounty Arny Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Merek Minuman Tradisional
Minuman pabrik yang diolah secara masal sudah marak di mana-mana. Memiliki kandungan gula yang banyak dan tidak baik dikonsumsi terus - menerus oleh tubuh. Produk tersebut bisa berupa serbuk sachet, minuman olahan dan minuman bersoda. Mirisnya minuman ini banyak kita lihat di cfd. Menggeser minuman tradisional yang lebih sehat dan alamiah. Pada acara cfd di Jln Blora Stasiun Sudirman ada suatu produk UMKM bernama Ounty Arny yang menjual minuman es kuwut dan bunga telang, sayangnya produk ini belum memiliki identitas visual dan elemen grafis yang efektif untuk mengajak konsumen agar bisa lebih menyadari terhadap manfaat produk melalui pesan dan visual yang ditampilkan, sehingga perlu adanya pembaruan untuk merancang logo dan label yang baru pada produk Ounty Arny. Proses penulisan mencakup dengan tahap studi literatur yang mengambil informasi tentang minuman es kuwut dan bunga telang mulai dari warna, bentuk dan elemen grafis apa saja yang kuat untuk dibentuk kedalam suatu indentitas yang efektif dan sederhana. Mempelajari teori prinsip dasar desain, warna, logo, typeface dan gestalt. Wawancara mendalam dengan Ibu Arny sebagai owner untuk menemukan permasalahan apa saja yang terjadi pada produknya, untuk mendapatkan mindmapping dan moodboard yang akan digunakan untuk menemukan skema warna premier dan sekunder yang sesuai dengan identitas baru brand Ounty Arny dan adanya testimoni dari konsumen dan calon konsumen untuk mendapatkan target pasar dan gaya desain seperti apa yang sesuai dan cocok untuk fokus target audien agar mendapatkan komunikasi dan kesan yang efektif. Dokumen review pada produk botol kemasannya seperti apa, stan outdoor apa yang digunakan, serta tentang UMKM dan target pasarnya. Observasi dilapangan untuk melihat kegiatan urban di masyarakat dan pesertanya di lokasi car free day untuk mendapatkan insight bagaimana saja bentuk psikologis konsumen dan calon konsumen pada saat melihat dan merasakan kedua produk minuman Ounty Arny, serta penilaian dari mereka. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan hasil dari proses konsep kreatif yang peneliti rancang di akhir adalah menghasilkan perancangan citra, elemen grafis dan identitas visual yang baru untuk brand Ounty Arny yang akan digunakan nanti untuk kedua produknya bunga telang dan es kuwut
Kata Kunci : Identitas Visual, Ounty Arny, Alamiah
Kata Kunci : Identitas Visual, Ounty Arny, Alamiah
Akbar Sanjaya Ramadhan - Personal Name
123201011_Akbar Sanjaya Ramadhan
SKRIPSI DKV
Skripsi PDV
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
103 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...