Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Gaya Hidup Hedonis sebagai Prediktor terhadap Perilaku Konsumtif Belanja di E-Commerce pada Generasi Z

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif belanja di e-commerce pada generasi Z. Gaya hidup hedonis didefinisikan sebagai pola hidup yang mengarahkan individu untuk mencari kesenangan dan kepuasan material, seperti yang dijelaskan oleh Engel et al. (1994), yang menyatakan bahwa gaya hidup hedonis ada cara individu menghabiskan waktu dan uang untuk kesenangan hidupnya. Sementara itu, perilaku konsumtif diartikan sebagai tindakan menggunakan suatu produk secara berlebihan, yang berarti bahwa individu membeli barang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga untuk memenuhi keinginan dan status sosial, sebagaimana dijelaskan oleh Sumartono (2002). Penelitian ini melibatkan 228 responden yang merupakan individu kelahiran tahun 1995 hingga 2010 dan pengguna e-commerce. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur gaya hidup hedonis dan perilaku konsumtif, serta informasi demografis responden. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif belanja di e-commerce pada generasi Z. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,788 yang artinya lebih besar dari 0,05 mengindikasikan bahwa hipotesis nol yang diterima.
Kata kunci : Gaya Hidup Hedonis, Perilaku Konsumtif, E-commerce, Generasi Z
Daftar Pustaka: 63 (1993-2024)
Kevin Daniel Kharisma - Personal Name
119207012 - Kevin Daniel Kharisma
SKRIPSI PSI
Skripsi PPS
Indonesia
Universitas Paramadina
2025
Jakarta
147 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...