Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Analisis Faktor Motivasi Konsumsi Kolaboratif Di Era Ekonomi Berbagi

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor motivasi yang memengaruhi konsumsi kolaboratif dalam konteks ekonomi berbagi. Fokusnya mencakup aspek ekonomi, orientasi sosial, aspek ekologis, dan nilai-nilai pribadi yang memengaruhi partisipasi individu dalam konsumsi kolaboratif. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor ekonomi memiliki peran utama dalam memotivasi partisipasi, dengan perbedaan peran antara penyedia layanan dan pengguna layanan. Selain itu, motif orientasi sosial dan kepedulian terhadap dampak lingkungan juga memiliki pengaruh yang signifikan pada perilaku konsumsi kolaboratif. Nilai-nilai pribadi, yaitu universalisme dan kebajikan, juga turut berperan dalam memotivasi partisipasi dalam konsumsi kolaboratif. Penelitian ini didasarkan pada data yang dikumpulkan melalui wawancara yang berdurasi 60 menit dengan 10 informan terpilih. Konteks penelitian konsumen yang memiliki pengalaman menggunakan layanan Airbnb, Go-Jek, Grab dan menjual produknya melalui media online yaitu OLX dan Bukalapak. Analisis terhadap perubahan pola konsumsi konsumen memberikan wawasan tentang motif-motif di balik pembagian sumber daya dan pola konsumsi yang berubah. Penelitian motivasi ini menganalisis alasan di balik konsumsi kolaboratif, yaitu berbagi rumah dan penjualan barang bekas, dari berbagai perspektif, termasuk aspek ekonomi, utilitas, orientasi sosial, aspek emosional, aspek ekologis, dan nilai-nilai pribadi.

Kata Kunci: Konsumsi kolaboratif, faktor motivasi, aspek ekonomi , utilitas, orientasi sosial, aspek ekologis, aspek emosional, nilai-nilai pribadi
Fadillah Wahyu Saputri - Personal Name
Fadillah Wahyu Saputri - 222210069
TESIS MM
Tesis PMM
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
133 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...