Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Uji Deskriptif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Gamifikasi

Penelitian ini menyoroti penurunan motivasi siswa dalam belajar, hasil pembelajaran dan learning loss, yang merujuk pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan akibat transisi tiba-tiba dari pembelajaran daring ke pembelajaran tatap muka. Metode pengajaran tradisional seperti ceramah dianggap gagal memotivasi siswa dan berkontribusi pada penurunan motivasi di era pasca pandemi. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini mengeksplorasi potensi gamifikasi sebagai metode pembelajaran inovatif. Gamifikasi, yang melibatkan integrasi elemen permainan seperti poin, lencana dan peringkat ke dalam aktivitas pendidikan, telah terbukti meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar siswa. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa gamifikasi tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga membantu siswa melacak kemajuan mereka, bereksperimen tanpa takut gagal, dan merasakan koneksi emosional dengan proses belajar. Di era pasca pandemi, gamifikasi menawarkan pendekatan yang menjanjikan untuk mengatasi learning loss dan mengembalikan motivasi belajar siswa. Dengan menggabungkan elemen berbasis permainan ke dalam kelas, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan merangsang hingga dapat mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan.

Kata Kunci: Gamifikasi, Leaderboard, Learning Loss, Motivasi, Motivasi Belajar
Keri Wisnu Nurhidayat - Personal Name
Keri Wisnu Nurhidayat - 220114011
TESIS MM
Tesis PMM
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
112 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...