Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Persepsi Digitalisasi Perbankan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan pada Generasi Millenial & Z

Perkembangan zaman yang semakin modern telah membawa ilmu keuangan mengalami evolusi yang signifikan. Namun, perubahan ini tidak terbatas pada aspek teoritis semata, melainkan juga mencakup praktik keuangan individu. Esensial Nya, kebutuhan dan keinginan manusia juga ikut berkembang seiring waktu, mendorong munculnya beragam strategi untuk memenuhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi digitalisasi perbankan dan gaya hidup terhadap perilaku keuangan pada generasi Millenial & Z. Penelitian ini bersifat deskriptif dan eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z dan Milenial di provinsi DKI jakarta yang berjumlah sebesar 5.125.952. Pemilihan Provinsi di DKI Jakarta dikarenakan lebih dari 50% penduduk DKI Jakarta adalah generasi Z dan Milenial terbesar di Indonesia. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling dan rumus slovin sehingga diperoleh sebanyak 400 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi digitalisasi perbankan dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan generasi milenial dan generasi Z. Sedangkan secara simultan persepsi digitalisasi perbankan dan gaya hidup berpengaruh secara bersama-sama terhadap perilaku keuangan generasi milenial dan generasi Z.

Kata Kunci: Persepsi Digitalisasi Perbankan, Gaya Hidup, Perilaku Keuangan.
Seruni - Personal Name
Seruni - 221112006
TESIS MM
Tesis PMM
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
126 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...