Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Komunikasi Perubahan Pada Beritasatu TV Pasca Akuisisi

Persaingan semakin nyata pada industri media seiring dengan peralihan televisi analog ke digital. Tantangan bagi media mainstream untuk tetap mengibarkan bendera di era gempuran media online. Agar tetap eksis perusahaan media perlu mengembangkan diri dan melakukan inovasi. Industri media dihadapkan pada situasi sulit setelah Covid-19. Beberapa perusahan media televisi mengalami kerugian dan mengambil langkah-langkah untuk keluar dari kesulitan. Penelitian ini fokus pada perubahan organisasi yang terjadi di Media Beritasatu TV pasca diakuisisi. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat strategi komunikasi organisasi yang dibangun Beritasatu TV dalam masa perubahan dan aktivitas komunikasi yang terjadi di dalamnya. Penelitian menggunakan metode kualitatif studi kasus dan Lewin’s Three Step Model yang membagi tahapan perubahan organisasi menjadi tiga bagian yaitu unfreezing, moving dan refreezing serta menghubungkan peran komunikasi perubahan menurut klein di setiap tahapan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap Unfreezing, ditandai dengan komunikasi internal yang dibangun oleh manajemen untuk mengkomunikasikan tujuan perubahan. Adanya pemilihan komunikator untuk memberikan motivasi kepada karyawan akan tujuan perubahan. Kebutuhan karyawan akan Informasi pada tahap ini sangat terbatas. Sedangkan pada tahap moving ditandai dengan komunikasi seputar aturan dan struktur organisasi yang baru ditetapkan oleh manajemen. Pada tahap refrezing, komunikasi internal cukup menjawab kegelisahan karyawan. Tahap ini adalah zona nyaman karyawan dan terciptanya budaya yang baru. Pemekaran program di mulai pada tahap ini. Dengan demikian disimpulkan bahwa strategi komunikasi internal berperan mengubah opini dan persepsi karyawan yang sebelumnya pesimis akan perubahan menjadi positif akan perubahan. Perubahan yang dilakukan Beritasatu Tv di dalam masa perubahan mulai dari perubahan logo, pemekaran program dan peralihan status karyawan sebagai upaya bertahan agar tetap eksis dan mampu bersaing di industri media. Kendala yang ditemukan dalam masa perubahan diatasi dengan komunikasi organisasi untuk mencapai tujuan perubahan.

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Lewin’s Three Step Model, Strategi Komunikasi Perubahan Klein, Beritasatu TV
Indah Purnama Ayu - Personal Name
Indah Purnama Ayu - 222121078
TESIS MIK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
88 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...