Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Personal Branding & Political Branding Anies Baswedan Melalui Instagram Pribadi pada Pemilihan Presiden 2024 (Analisis Teori Marketing Politik).

Thesis ini berjudul “Strategi Personal Branding dan Political Branding Anies Baswedan Melalui Instagram Pribadi pada Pemilihan Presiden 2024” dengan analisis Teori Marketing Politik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi personal branding dan political branding yang digunakan oleh Anies Baswedan melalui akun Instagram pribadinya dalam upaya meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis konten dari unggahan Instagram @aniesbaswedan. Penelitian ini menggunakan teori marketing politik sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Anies Baswedan secara konsisten menggunakan Instagram untuk membentuk citra politik yang terbuka, unik dan cerdas. Dengan meningkatkan intensitas unggahan konten yang beragam, termasuk kegiatan pribadi dan informasi publik, Anies berhasil meningkatkan jumlah pengikutnya secara signifikan. Personal branding yang dilakukan melalui Instagram terbukti efektif dalam mempertahankan popularitasnya di kalangan pemilih muda. Dengan menggunakan delapan elemen personal branding Montoya dalam Haroen (2014) dan tiga kunci (unsur) personal branding Montoya & Vandehey (2009), elemen personal branding yang paling menonjol dari Anies Baswedan adalah kepribadian, kepemimpinan dan spesialisasi yakni pribadi santun, dekat keluarga, memiliki kemampuan memimpin dan menginspirasi orang lain serta pribadi yang cerdas dan senang berdialog. Sementara berdasarkan elemen political branding Smith (2009, dalam Marshment, 2019) dan dengan mengimplementasikan 3 prinsip political branding Guzman dan Vicenta (2009, dalam Marshment 2019), peneliti menyimpulkan ada beberapa elemen yang dominan dalam political branding Anies Baswedan, yakni kejujuran (honesty), citra (image), keunikan (uniqueness), kemampuan (capability) dan ketangguhan (Toughness). Dengan demikian, maka strategi personal branding dan political branding Anies Baswedan melalui Instagram menjadi salah satu kunci keberhasilannya dalam membangun hubungan dengan pengikut (followers), pemilih muda dan masyarakat. Penggunaan media sosial sebagai alat kampanye politik memberikan dampak positif terhadap popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024.

Kata Kunci: Anies Baswedan, Instagram, Political Branding, Personal Branding
Ferdi Setiawan - Personal Name
Ferdi Setiawan - 222122036
TESIS MIK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
128 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...