Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Melalui Website dan SEO (Search Engine Optimization) Dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus pada ULVAC SINGAPORE PTE LTD Perusahaan Manufaktur di Cikarang, Indonesia)
Peningkatan teknologi internet memberikan paradigma baru dalam komunikasi pemasaran digital terutama dalam kemudahan mengakses internet secara global. Komunikasi pemasaran digital berhubungan dengan penggunaan media sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi tersebut. Salah satu media yang digunakan dalam komunikasi pemasaran digital yaitu website dan SEO. Hal ini seperti yang dilakukan oleh ULVAC SINGAPORE PTE LTD yang merupakan perusahaan manufaktur berfokus kepada vacuum technology. Untuk meningkatkan brand awareness, perusahaan harus melakukan strategi komunikasi pemasaran digital untuk meningkatkan users, new user, pageviews dan bounce rates. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital melalui website dan SEO yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan brand awareness. Metode penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital melalui website dan SEO yang dilakukan oleh ULVAC SINGAPORE PTE LTD mengalami peningkatan dengan mendapatkan pengunjung dari 587 tahun 2018 menjadi 37.648 tahun 2023, pageviews dari 5.141 tahun 2018 menjadi 110.679 tahun 2023, bounce rate turun dari 52.56 persen tahun 2018 menjadi 1.16 persen tahun 2023. Adapun, strategi yang dilakukan sesuai dengan 9 step Ronald D. Smith dengan menggunakan SEO On-Page yang memiliki unsur 3C (Credential, Charisma, Control) dengan membuat Heading, Meta Description, Internal link, Outbound link, ALT Image, CTA, Closing Statement sesuai pesan komunikasi yang dilakukan. Selain itu, strategi ini sesuai dengan Danny & Gary yaitu bersifat two-way communication dengan symbolic roles. Dengan demikian, brand awareness yang dilakukan oleh ULVAC SINGAPORE PTE LTD berhasil melalui website dan SEO.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Website, SEO
Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Website, SEO
Fardhal Virgiawan Ramadhan - Personal Name
Fardhal Virgiawan Ramadhan - 222221006
TESIS MIK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
140 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...