Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Televisi Publik Menjelang Pemilihan Umum 2024 (Studi Kasus Segmen Menuju Pemilu 2024 Pada Program Berita Klik Indonesia Petang Televisi Republik Indonesia)

Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai perwujudan kedaulataan rakyat untuk menciptakan pemerintahan yang demokratis. Bangsa Indonesia menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat, baik anggota legislatif yakni DPR, DPDdan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden. Menjelang perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan Indonesia yaitu Pemilu 2024, eskalasi politik di Tanah Air semakin meningkat. Pemberitaan mengenai Pemilu dan politik semakin menarik untuk diikuti. Televisi menjadi salah satu media yang dapat menjadi rujukan bagi Masyarakat mendapatkan informasi mengenai dinamika politik dan Pemilu 2024. TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik memiliki tugas selain menginformasikan hingga menyosialisasikan tahapan Pemilu sehingga menjadi pendidikan politik bagi Masyarakat. Pemberitaan Pemilu di TVRI harus menjaga prinsip dan asas jurnalistik dan perannya sebagai TV publik. Dalam penelitian ini akan menganalisis segmen Menuju Pemilu 2024 pada program Klik Indonesia Petang yang tayang di jam tayang utama (prime time). Segmen Menuju Pemilu 2024 selalu ada di setiap buletin berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengambil sampel 13-30 November 2023, karena pada waktu tersebut koalisi politik sudah cukup stabil namil dinamika politik semakin meningkat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Agenda Setting dan framing yang digunakan TVRI dalam pemberitaan, terutama mengenai topik politik yaitu Pemilu 2024, dan apakah sesuai peran tersebut dengan branding TVRI sebagai Media Pemersatu Bangsa. Penelitian kualitatif menekankan pada pengamatan deskriptif, dengan menggunakan observasi, studi kasus dan wawancaraa kepada sejumlah narasumber. Agenda Setting TVRI merupakan Pemilu Damai, dengan framing keberpihakan pada publik, namun justru cenderung pemberitaan lebih berdasarkan dari pemerintah dan penyelenggara Pemilu. Namun Agenda Setting dan framing tersebut masih cukup sesuai dengan tagline atau branding TVRI sebagai Media Pemersatu Bangsa dan berusaha menjadi clearing house untuk pemberitaan yang ada.

Kata kunci : Pemilu, pemberitaan, Agenda Setting, framing, tv publik, branding TVRI
Diani Febrianti - Personal Name
Diani Febrianti - 222122023
TESIS MIK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
163 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...