Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pemaknaan Semiotika Model Barthes Dalam Konten Trophy Experience Akun Instagram Pssi Untuk Promosi Piala Dunia U-17

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna semiotika dalam konten trophy experience pada akun instagram PSSI untuk promosi piala dunia U-17. PSSI selaku pengelola seluruh kegiatan sepakbola di Indonesia membuat video trophy experience sebagai media promosi kegiatan FIFA World Cup U-17 tersebut. Untuk mengetahui makna semiotika tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan model Barthes. Makna semiotika dari konten trophy experience dianalisis berdasarkan makna denotatif, konotatif dan mitos. Ketiga makna tersebut dianalisis lebih mendalam dengan memperhatikan aspek hermeneutik, proairetic, semantic, symbolik dan kultural. Pada makna denotatif, ditemukan bahwa video tersebut dipenuhi dengan simbol visual yang memberikan gambaran semangat dan antusias dari peserta, dan terdapat keinginan publik agar trophy experience tidak hanya dilaksanakan di Pulau Jawa, namun di pulau lainnya. Pada makna konotatif, melalui video tersebut terdapat empat poin yang dimaknai yakni terkait prestasi dan kesuksesan, ekslusivitas, inspirasi dan adanya solidaritas. Pada makna mitos, konten trophy experience tidak hanya sekedar mendukung keberadaan FIFA World Cup U-17, namun juga secara tidak langsung mempromosikan budaya-budaya yang ada di Indonesia melalui tampilan tarian dan kehadiran Bacula sebagai maskot dalam FIFA World-Cup U-17. Sehingga, secara keseluruhan tujuan dari promosi trophy experience, tidak hanya sekedar promosi kegiatan FIFA World-Cup U17, namun juga menampilkan kekayaan budaya Indonesia.

Kata Kunci: Trophy experience, denotatif, konotatif, mitos, FIFA World Cup U-17
Chandra Kharisma Margatama - 222221048
TESIS MIK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
105 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...