Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi pada Program CSR Kampung Ikan Asap PT Pertamina Gas, Sidoarjo)
Program Corporate Social Responsibility (CSR) Kampung Ikan Asap merupakan program pemberdayaan masyarakat di Desa Penatarsewu, Sidoarjo yang merupakan wilayah ring 1 area kerja operasional PT Pertamina Gas yang dilakukan sejak tahun 2017 – 2022. Pada tahun 2022 PT Pertamina Gas melepaskan secara mandiri baik secara pengelolaan dan operasional Program CSR Kampung Ikan Asap kepada Badan Umum Milik Desa (BUMDes) Sidoarjo. Berdasarkan hal tersebut peneliti merasa perlu dilakukan penelitian terkait bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan dalam program ini dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap citra Perusahaan dan saat ini citra Perusahaan dimata masyarakat seperti apa. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi PT Pertamina Gas dalam meningkatkan citra Perusahaan di mata masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Ronald D. Smith yaitu 9 langkah strategis perencanaan public relations untuk menyusun suatu perencanaan kegiatan program CSR. Dalam penerapannya terdapat satu langkah yang belum maksimal dilakukan oleh PT Pertamina Gas yaitu pada tahapan pengembangan strategi pesan. Namun demikian, program CSR Kampung Ikan Asap yang dilakukan oleh PT Pertamina Gas dapat membentuk citra Perusahaan tetap positif sampai dengan saat ini. Untuk masa yang akan datang, penelitian dapat dilengkapi dengan penelitian kuantitatif sehingga dapat menjangkau responden yang lebih banyak dan pengukuran citra dapat lebih luas.
Kata Kunci : CSR, Citra, Citra Perusahaan, Strategi Komunikasi, Desa Penatarsewu
Kata Kunci : CSR, Citra, Citra Perusahaan, Strategi Komunikasi, Desa Penatarsewu
Dewi D. Puspitasari P. - Personal Name
Dewi D. Puspitasari P. - 222221062
TESIS MIK
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
157 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...