Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa
Komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada proses pembelajaran kelas XI jurusan desain komunikasi visual SMK Multicomp Depok. Penelitian ini masih jarang dilakukan pada SMK jurusan desain komunikasi visual. Dalam hal ini peran guru yang perlu diperhatikan adalah pada hubungan antara guru dan siswa, dimana komunikasi interpersonal antara keduanya menjadi salah satu unsur dalam membentuk lingkungan pembelajaran yang efektif. Maka untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dan siswa dengan teori penetrasi sosial yang dimana ada empat proses antara lain tahap orientasi, tahap pertukaran penjajakan afektif, tahap pertukaran afektif, dan tahap pertukaran stabil.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan data penelitian diperoleh dari hasil wawancara narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu guru sudah membangun komunikasi interpersonal yang baik terhadap siswa menggunakan tahap orientasi, pertukaran penjajakan afektif, pertukaran afektif dan pertukaran stabil yang memperkuat hubungan ikatan emosional antara guru dan siswa, peduli dengan rasa simpati dan empati, berbagi pengalaman pribadi yang relevan dengan pembelajaran sehingga meningkatkan memotivasi untuk berprestasi. Dapat diberi contoh yang pertama adalah siswa Daffa awalnya mendapat peringkat keempat, dengan komunikasi interpersonal guru Daffa mendapatkan peringkat pertama. Contoh yang kedua yaitu Rafi memiliki kemampuan di bidang desain, mengikut lomba kompetensi siswa yang ditunjuk oleh guru, termotivasi akan hal tersebut Rafi berhasil mendapatkan peringkat 10 besar.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi, SMK Multicomp Depok
Daftar Pustaka : (25) (2005-2024)
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, sedangkan data penelitian diperoleh dari hasil wawancara narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu guru sudah membangun komunikasi interpersonal yang baik terhadap siswa menggunakan tahap orientasi, pertukaran penjajakan afektif, pertukaran afektif dan pertukaran stabil yang memperkuat hubungan ikatan emosional antara guru dan siswa, peduli dengan rasa simpati dan empati, berbagi pengalaman pribadi yang relevan dengan pembelajaran sehingga meningkatkan memotivasi untuk berprestasi. Dapat diberi contoh yang pertama adalah siswa Daffa awalnya mendapat peringkat keempat, dengan komunikasi interpersonal guru Daffa mendapatkan peringkat pertama. Contoh yang kedua yaitu Rafi memiliki kemampuan di bidang desain, mengikut lomba kompetensi siswa yang ditunjuk oleh guru, termotivasi akan hal tersebut Rafi berhasil mendapatkan peringkat 10 besar.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi, SMK Multicomp Depok
Daftar Pustaka : (25) (2005-2024)
Ilham Septiandra - Personal Name
122106118 - Ilham Septiandra
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
132 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...