Analisis Isi Pesan Konten Makanan Halal pada Akun Instagram @halalcorner
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Dimana dalam agama Islam sendiri terdapat aturan, bahwa pemeluk agama tersebut hanya boleh mengonsumsi makanan dan menggunakan barang serta tindakan yang halal. Dalam Islam, konsep halal dan haram sangat penting untuk menentukan apakah suatu barang atau tindakan boleh dilakukan atau tidak. Oleh karena itu, pemahaman dan penerapan gaya hidup halal menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari orang Muslim. Salah satu cabang ilmu komunikasi yang selaras dengan penelitian ini adalah penggunaan new media seperti Instagram dengan metode analisis isi pesan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis isi pesan konten, makanan halal pada akun Instagram @halalcorner yang terdiri dari clarity, readability, salience dan power words. Metodologi Penelitian pada penelitian ini adalah metodologi kualitatif deskriptif, dengan metode penelitian analisis isi. Hasil Penelitian yang dilakuakan pada periode 01 Januari 2024 – 25 Mei 2024 menunjukkan @halalcorner memenuhi empat kategori isi pesan yang menunjukan keberhasilan menurut Smith (2021: 431), yakni; clarity, readability, salience dan power words. Dari keempat kategori tersebut, diperoleh 10 konten yang terdapat elemen clarity dan readability, 9 konten yang terdapat elemen salience dan 7 konten yang terdapat elemen power words. Penelitian ini berkontribusi pada literatur mengenai komunikasi makanan halal di media sosial dan memberikan wawasan bagi praktisi dan akademisi yang tertarik dalam bidang ini. Selain itu, temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk strategi komunikasi yang lebih efektif dalam mempromosikan makanan halal di media sosial. Kesimpulan Secara keseluruhan, halal corner berhasil menciptakan isi pesan yang efektif dan memudahkan audiens dalam memahami setiap konten yang diunggah pada laman Instagram @halalcorner.
Kata Kunci: Analisis Isi, Media Sosial, Isi Pesan, Makanan Halal, Instagram
Daftar Pustaka: 19 Buku, 8 Jurnal Ilmiah, 4 Situs
Kata Kunci: Analisis Isi, Media Sosial, Isi Pesan, Makanan Halal, Instagram
Daftar Pustaka: 19 Buku, 8 Jurnal Ilmiah, 4 Situs
Nurul Fajriah - Personal Name
122106110 - Nurul Fajriah
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
102 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...