Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Publik Relations BPJS Kesehatan dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Kanal Media Sosial Remi BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan badan yang ditunjuk untuk menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yang memberikan jaminan pelayanan dan pembiayaan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hingga akhir 2023, jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan telah mencapai 267.311.566 atau lebih dari 95% penduduk Indonesia telah terdaftar Program JKN, dengan total rata-rata pemanfaatan setiap harinya sejumlah 1.7 juta pemanfaatan. Dengan angka kepesertaan yang begitu besar dan tingginya tingkat pemanfaatan setiap harinya, berdasarkan Laporan Permintaan Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) dan Laporan Media Sosial Monitoring, didapatkan masih banyaknya permintaan informasi dan pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat setiap harinya, di mana topik-topik permasalahan yang disampaikan merupakan informasi-informasi mengenai Program JKN, baik mengenai administrasi maupun prosedur. Salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam menanggapi hal tersebut adalah dengan melakukan kegiatan Public Relations melalui kanal media sosial. Maka dari itu, penelitian ini membahas Strategi Public Relations BPJS Kesehatan Dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Mengenai Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Melalui Kanal Media Sosial Resmi BPJS Kesehatan seperti, Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter/X, dan Youtube. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Strategic Planning for Public Relations yang dikembangkan oleh Ronald D. Smith, di mana menurutnya ada 4 fase dalam proses Public Relations suatu perusahaan atau organisasi, yaitu Formative Research, Srategy, Tactics, dan Evaluative Research. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data triangulasi berupa hasil wawancara dengan dua orang narasumber, pengumpulan data pendukung, dan analisa pada kanal-kanal Media Sosial BPJS Kesehatan. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa melalui strategi Public Relations yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan di kanal media sosial, berdampak pada peningkatan organization image dan pemahaman masyarakat mengenai Program JKN.

Kata Kunci : BPJS Kesehatan, Public Relations, Media Sosial.
Muhammad Aditya Yoma - Personal Name
122106104 - Muhammad Aditya Yoma
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
116 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...