Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Produksi Tim Kreatif pada Program the Indonesian Next Big Star di RCTI untuk Menarik Audience Remaja (Gen Z)

The Indonesian Next Big Star merupakan program pencarian bakat menyanyi bagi remaja berusia 16-28 tahun yang diselenggarakan oleh RCTI. Program ini pertama kali muncul pada tahun 2022 dan sudah berjalan musim keduanya di tahun 2023. Program ini berbeda dari program serupa karena didukung oleh juri gabungan yaitu juri Internasional dari grup boyband terkenal di Korea Selatan bernama iKON dan sederet artis papan atas Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis arsip visual. Penelitian ini berfokus pada ketiga tahapan proses produksi program televisi, yaitu proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Ketiga tahapan ini membentuk rangkaian proses produksi televisi yang kompleks namun terstruktur, di mana setiap tahap memiliki peran penting dalam menciptakan konten televisi berkualitas tinggi. Penelitian ini menunjukkan bahwa tim kreatif menerapkan berbagai strategi pada tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi untuk menarik audiens remaja atau gen Z. Dalam penelitian ini dijelaskan strategi-strategi yang diterapkan dikatakan berhasil mempertahankan dan meningkatkan minat penonton, seperti yang terlihat dari peningkatan jumlah plays dan user dari episode awal hingga akhir di RCTI+, menjadikan program ini sebagai salah satu acara unggulan di RCTI.

Kata Kunci : The Indonesian Next Big Star, Produksi TV, Tim Kreatif.
Ilham Arya Wijayanto - Personal Name
122106096 - Ilham Arya Wijayanto
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
118 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...