Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Penerbit Elex Media di Era Digital

Wabah pandemi Covid-19 yang terjadi selama beberapa tahun terakhir nyatanya berdampak terhadap produksi dan penjualan buku secara umum. Situasi ini cukup mendera industri penerbitan dan ekosistem perbukuan nasional karena banyak entitas penerbitan yang mengalami degradasi penjualan lebih dari 50%. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara mendalam penerapan strategi komunikasi pemasaran dan menganalisa efektivitas bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan penerbit Elex Media. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif karena sifatnya yang alamiah dengan maksud memperoleh gambaran secara holistik mengenai komunikasi pemasaran terpadu yang terjadi dan mendeskripsikannya berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Elex Media menerapkan strategi komunikasi pemasaran bottom up yang bergerak mundur dengan meninjau data analitik, lalu mengelompokkan segmentasi & target pasar, menentukan tujuan dan posisi pasar, menyusun dan mengintegrasikan elemen komunikasi pemasaran, serta memilih saluran komunikasi agar pesan dapat disampaikan secara konsisten. Secara keseluruhan, strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan Elex Media sudah efektif dalam mencapai tujuan pemasaran. Namun, Elex Media masih memiliki ruang untuk mengoptimalisasi penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu melalui penggunaan paid search advertising sebagai tambahan saluran komunikasi periklanan dan membuka kiosk shopping atau pop up store di area publik untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk yang diciptakan.

Kata Kunci : Penerbit Buku, Efektivitas Bauran, Strategi Komunikasi Pemasaran
Daftar pustaka : 21 buku (2022-2010), 5 jurnal, 4 situs web
Herty Dameyanti Sinaga - Personal Name
122106025 - Herty Dameyanti Sinaga
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
124 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...