Strategi Komunikasi Efektif kursus ATLS melalui metode Hybrid dalam meningkatkan kompetensi dokter pada masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Organisasi Konsorsium Trauma Indonesia).
Komunikasi merupakan kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran. Seiring berkembangnya zaman terutama pada dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah ranah pendidikan. Pembelajaran hybrid menjadi alternatif yang di Indonesia, terutama selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi efektif menggunakan media baru yang digunakan oleh instruktur Advanced Trauma Life Support (ATLS) pada pembelajaran Hybrid dengan strategi Guru Sebagai Penceramah, Guru Sebagai Moderator, Guru sebagai Pembimbing, Guru sebagai Manajer dan guru sebagai Koordinator dan Inovator. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan metode hybrid pada ATLS, instruktur menerapkan strategi komunikasi efektif dengan mengajar dan membimbing materi Kursus kepada peserta ATLS secara interaktif dimana peserta dapat langsung bertanya ditengah penyampaian ilmu.
Kata Kunci : Advanced Trauma Life Support, Covid-19, Komunikasi Pendidikan, Kursus, Pembelajaran Hybrid
Kata Kunci : Advanced Trauma Life Support, Covid-19, Komunikasi Pendidikan, Kursus, Pembelajaran Hybrid
Syahbani Nur Falah - Personal Name
121106114 - Syahbani Nur Falah
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
90 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...