Persepsi Khalayak Pada Pesan Promosi Toko Nvmee Official Shop di Shopee yang Menggunakan Fitur Shopee live
Latar Belakang : Perdagangan elektronik atau yang biasa disebut dengan e-commerce merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan belanja yang tentunya diakses melalui jaringan internet berbasis online, salah satu aplikasi e-commerce adalah shopee. Shopee selalu berusaha untuk terus berkembang dan berinovasi dengan berusaha menciptakan pengalaman baru untuk para pelanggannya dalam berbelanja online, salah satunya dengan menghadirkan fitur Shopee live yang menjadi salah satu fitur yang semakin populer di Shopee, karena konsumen bisa bertanya dan melihat review produk langsung pada saat live berlangsung. Salah satu toko di shopee yang memanfaatkan fitur shopee live adalah NVMEE Official Shop. Khalayak mempunyai penilaian dan persepsi yang sangat beragam terhadap pesan promosi toko NVMEE di shopee. Hal inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana persepsi khalayak mengenai pesan promosi toko NVMEE di shopee yang menggunakan fitur shopee live. Tujuan penelitian : Untuk mengetahui bagaimana persepsi khalayak terhadap pesan promosi toko NVMEE di shopee yang menggunakan fitur shopee live. Metodologi Penelitian : Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan 3 orang sebagai informan. Hasil penelitian : Berdasarkan hasil penelitian yang ada, pesan promosi toko NVMEE yang menggunakan fitur shopee live berhasil membuat khalayak tertarik untuk akhirnya membeli produk NVMEE saat live berlangsung, khalayak memaknai kegiatan pesan promosi melalui fitur shopee live dapat menambah informasi mengenai produk sampai tahap ingin membelinya. Kesimpulan : Persepsi khalayak pada pesan promosi toko NVMEE pada fitur shopee live di shopee sangat positif. Khalayak menilai bahwa shopee live memberikan dampak positif bagi konsumen, seperti mendapatkan informasi langsung mengenai produk dan mendapatkan potongan harga spesial khusus hanya pada saat live berlangsung.
Kata Kunci : Persepsi, Pesan Promosi, NVMEE Official Shop, Shopee live
Kata Kunci : Persepsi, Pesan Promosi, NVMEE Official Shop, Shopee live
Rahadyan Artika Wardini - Personal Name
120206026 - Rahadyan Artika Wardini
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
82 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...