Analisis Framing Robert N. Entman Terkait Pemberitaan Bansos di Masa Kampanye 2024 pada Media Kompas.com dan CNNIndonesia.com
Tesis ini menganalisis pemberitaan bansos selama masa kampanye 2024 hingga berakhirnya pemilu 2024 di Kompas.com dan CNNIndonesia.com. Analisis yang digunakan
menggunakan teori framing Robert N. Entman. Dari hasil penelitian setidaknya mengungkap kedua media tersebut telah membentuk persepsi publik, dengan menunjukkan adanya penyalahgunaan penyaluran Bansos yang dibagikan selama masa kampanye 2024. Framing yang negatif terlihat melalui bagaimana media yang diteliti memilih padanan kata, penekanan, dan narasi yang digunakan. Tentunya hal itu tetap sesuai dengan fakta berita yang terjadi di lapangan, di mana adanya keterlibatan tokoh politik dan pemerintahan yang terkesan kuat mendukung pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran jelang kontestasi pemilu 2024.
Kata Kunci: Framing Robert N. Entman, Pemberitaan Bansos, Kampanye 2024, Media Online, Kompas.com, CNN Indonesia.
menggunakan teori framing Robert N. Entman. Dari hasil penelitian setidaknya mengungkap kedua media tersebut telah membentuk persepsi publik, dengan menunjukkan adanya penyalahgunaan penyaluran Bansos yang dibagikan selama masa kampanye 2024. Framing yang negatif terlihat melalui bagaimana media yang diteliti memilih padanan kata, penekanan, dan narasi yang digunakan. Tentunya hal itu tetap sesuai dengan fakta berita yang terjadi di lapangan, di mana adanya keterlibatan tokoh politik dan pemerintahan yang terkesan kuat mendukung pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran jelang kontestasi pemilu 2024.
Kata Kunci: Framing Robert N. Entman, Pemberitaan Bansos, Kampanye 2024, Media Online, Kompas.com, CNN Indonesia.
Amri Amrullah - Personal Name
220121076 - Amri Amrullah
Tesis PMK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...