Pengaruh Efektivitas Konten Akun Instagram @komunikasiparamadina terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Ilmu KOmunikasi Universitas Paramadina
Latar Belakang: Akun Instagram @komunikasiparamadina memanfaatkan penyajian visual berbentuk single post maupun multiple post sebagai media edukasi untuk membagikan informasi seputar perkuliahan Program Studi Ilmu Komunikasi secara komprehensif yang bertujuan menarik minat generasi muda terutama para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina angkatan 2020 sampai dengan angkatan 2023. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan context di akun Instagram @komunikasiparamadina terhadap pemenuhan kebutuhan informasi terbaru, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh communication yang dilakukan oleh akun Instagram @komunikasiparamadina terhadap pemenuhan kebutuhan informasi harian, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh collaboration yang terjalin melalui akun Instagram @komunikasiparamadina terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mendalam dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh connection yang dibangun oleh akun Instagram @komunikasiparamadina terhadap pemenuhan kebutuhan informasi sekilas. Metodologi Penelitian: Penelitian kuantitatif dengan metode survei eksplanatif asosiatif yang menggunakan kuesioner dan teknik sampel purposive yang disebarkan kepada 74 responden. Hasil Penelitian: Berdasarkan nilai t hitung 14,276 > nilai t tabel 3,521 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dinyatakan bahwa terdapat pengaruh dari efektivitas konten akun Instagram @komunikasiparamadina (Variabel X) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina (Variabel Y) dengan hasil koefisien determinasi (kd) sebesar 73,96%. Kesimpulan: Efektivitas konten akun Instagram @komunikasiparamadina mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina dalam mendapatkan informasi terkini seputar bidang studi ilmu komunikasi, mengakses informasi terbaru terkait bidang studi ilmu komunikasi, menemukan informasi akurat dan lengkap terkait perkembangan bidang studi ilmu komunikasi, dan memahami bidang studi ilmu komunikasi.
Kata Kunci: Instagram @komunikasiparamadina, Efektivitas Konten, Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina
Daftar pustaka: 34 (22 Buku, 12 Online) (2011 - 2023)
Kata Kunci: Instagram @komunikasiparamadina, Efektivitas Konten, Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina
Daftar pustaka: 34 (22 Buku, 12 Online) (2011 - 2023)
Nurulizzah Sekarkinasih - Personal Name
120106123 - Nurulizzah Sekarkinasih
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
143 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...