Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Analisis Isi Konten Instagram @GOMARTINDONESIA Selama Ramadan 1445 Hijriah

Teknologi sebagai sumber utama perubahan dalam masyarakat modern, membawa tantangan dan peluang yang signifikan. Dampak utamanya termasuk transformasi dalam pola komunikasi, dengan kemudahan terhubung secara global melalui internet, teknologi juga mempermudah akses informasi. Internet berperan sebagai fondasi teknologi modern, memungkinkan konektivitas dan akses informasi yang cepat, mengubah cara berkomunikasi, bekerja, dan belajar, serta mendorong kolaborasi global yang dapat meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini berfokus pada PT GoTo Gojek Tokopedia (GoMart), sebuah layanan berbasis e-commerce yang menggunakan media sosial Instagram dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi terkait produk dan layanan yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis konten berdasarkan empat dimensi teori content matrix (entertain, educate, inspire, convince), serta untuk memahami respon pengguna terhadap konten tersebut melalui analisis deskriptif. Penelitian ini menganalisis isi dari 10 unggahan konten dengan views, likes, dan komentar terbanyak di akun Instagram @Gomartindonesia selama Ramadan 1445 Hijriah dalam periode 8 Maret 2024–18 April 2024, dengan menggunakan teori content matrix oleh Chaffey (2016). Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif yang diharapkan dapat memberikan jawaban yang jelas dan terstruktur terhadap isi pesan dalam konten yang diunggah. Dari analisis isi konten Instagram @GomartIndonesia selama Ramadan 1445 Hijriah periode 8 Maret 2024 – 18 April 2024, dapat disimpulkan bahwa konten tersebut mencakup empat dimensi content matrix Chaffey (2016): entertain (8%), educate (15%), inspire (17%), dan convince (16%). Dimensi inspire merupakan yang paling dominan di antara semua dimensi. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang isi pesan konten Instagram dan penggunaan media sosial Instagram @Gomartindonesia sebagai alat pemasaran digital.

Kata Kunci: Instagram, Analisis Isi, Content Matrix, GoMart
Jumlah Literatur: 12 Buku, 5 Jurnal, 9 Website
Adinda Julianti - Personal Name
120106122 - Adinda Julianti
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
154 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...