Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Brand Ambassador Tzuyu Twice terhadap Keputusan Pembelian Brand Pond's (Survei pada Followers akun Instagram Fanbase @twiceinfonesia

Latar Belakang: Gelombang Korea Selatan atau Korean Wave sedang menarik perhatian dunia, termasuk Indonesia. Salah satu elemen penting dari Korean Wave adalah K-pop, yang mencakup genre music populer dan budaya yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk gaya busana dan kosmetik. Pada tanggal 23 Oktober 2023, Pond’s yang merupakan produk perawatan kecantikan di bawah naungan Unilever mengumumkan bahwa Tzuyu TWICE dipilih sebagai brand ambassador untuk menarik perhatian penggermar K-pop di Indonesia. Brand ambassador memiliki empat unsur, yaitu visibility, credibility, attraction, dan power. pemeilihan selebriti dianggap tepat sebagai brand ambassador karena dapat mewakili suatu produk serta dapat meningkatkan keputusan pembelian pada produk yang diiklankan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand ambassador Tzuyu TWICE terhadap keputusan pembelian pada produk Pond’s. Metode Penelitian: peneltiian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisinoner dengan menggunakan google form kepada 100 followers dari fanbase @twiceinfonesia, mengetahui bahwa Tzuyu merupakan brand ambassador Pond’s, dan pernah membeli produk Pond’s Bright Miracle. Hasil Penelitian: Terdapat hubungan yang positif antara Tzuyu sebagai brand ambassador dengan keputusan pembelian yang kuat sebesar 0,881. Analisis regresi linear juga menunjukkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 78,2%. Untuk pengaruh dari dimensi brand ambassador dilihat berdasarkan R square, yaitu visibility 78,2%, credibility 70,5%, attcraction 73,1%, dan power 86,6%. Kesimpulan: Tzuyu sebagai brand ambassador memiliki pengaruh yang signifikan dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk sebesar 87,4%, selebihnya 12,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Kata kunci : Brand Ambassador, keputusan pemblian, Tzuyu TWICE
Jumlah Literatur : 23 buku, 12 jurnal, 11 situs web
Anisa Fitri Yani - Personal Name
120106092 - Anisa Fitri Yani
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
132 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...