Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital melalui Instagram @Netflixid terhadap Keputusan Pembelian Video On Demand Netflix
Latar belakang: Di era digital yang serba cepat ini, social media marketing telah menjadi senjata ampuh bagi perusahaan untuk menjangkau target pasar dan mempengaruhi keputusan pembelian. Platform media sosial seperti Instagram menawarkan peluang besar untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung dan memperkenalkan merek. Pada strategi social media marketing yang diimplementasikan oleh akun Instagram @netflixid dan pengaruhnya terhadap keputusan followers untuk berlangganan layanan video on demand Netflix. Tujuan Penelitian: untuk mengetahui berapa besar pengaruh unsur Entertainment, Interaction, Trendiness, Customization, E-wom dalam komunikasi pemasaran digital melalui Instagram @netflixid terhadap keputusan pembelian video on demand Netflix. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei yang sifatnya eksplanatif, dan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dari followers akun Instagram @netflixid. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Untuk analisis data, menggunakan SPSS 26, menghitung uji Correlations Pearson’s, Regresi Linear Sederhana. Hasil Penelitian: Hasil korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara pengaruh pemasaran media sosial dan keputusan untuk berlangganan Netflix. Hubungan yang kuat ini, ditunjukkan dengan angka korelasi sebesar 0.865. Sementara hasil regresi linear sederhana dengan nilai R Square sebesar 0.801, artinya social media marketing akun Instagram @netflixid mempunyai kontribusi sebesar 80,1% dalam upaya mempengaruhi keputusan pembelian video on demand netflix dan sisanya sebanyak 19,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan strategi social media marketing yang diukur melalui dimensi entertainment, interaction, trendiness, customization, dan e-wom terhadap keputusan pembelian Netflix. Kelima dimensi ini saling berkaitan dalam menciptakan rasa puas dan memenuhi kebutuhan followers akun Instagram @netflixid, yang pada akhirnya mendorong followers untuk berlangganan Netflix.
Kata kunci : Social Media Marketing, Instagram, Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka : 40 buku (2003-2021), 18 Jurnal (2010-2022), 14 website (2010-2021)
Kata kunci : Social Media Marketing, Instagram, Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka : 40 buku (2003-2021), 18 Jurnal (2010-2022), 14 website (2010-2021)
Vivi Anita - Personal Name
120106004 - Vivi Anita
SKRIPSI IK
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
159 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...