Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Konsep Pendidikan Islam Jalaluddin Rakhmat dan Penerapannya dalam Pembelajaran di Era Digital

Pendidikan dipandang sebagai elemen kunci dalam kemajuan suatu negara. Pendidikan yang berkualitas dianggap dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, yang pada akhirnya berkontribusi pada kemajuan negara. Pendidikan Islam, yang merupakan sistem pendidikan berdasarkan nilai-nilai dan ajaran Islam, menghadapi tantangan dan peluang yang signifikan di era digital. Teknologi digital telah mengubah cara pembelajaran, dari model tradisional yang berpusat pada guru menjadi model yang lebih interaktif dan berbasis pada peserta didik. Melalui pendekatan yang berfokus pada teknologi, pendidikan Islam dapat mengembangkan metode yang inovatif dan memperluas aksesibilitas pengetahuan agama. Namun, terdapat juga tantangan seperti keaslian konten dan kesenjangan akses teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan fenomena tertentu dengan cara yang mendalam dan terperinci tanpa menggunakan analisis statistik atau matematis. Dalam pendekatan ini, peneliti berfokus pada pengumpulan data yang kaya akan detail dan berupaya untuk menggambarkan karakteristik, kejadian, atau pengalaman yang sedang diteliti sebagaimana adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep pendidikan Islam Jalaluddin Rakhmat diterapkan di era digital, serta menawarkan pandangan strategis untuk menghadapi tantangan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam bertujuan untuk mengarahkan dan membimbing perkembangan fitrah siswa sehingga mereka dapat mencapai tingkat pertumbuhan dan perkembangan terbaik. Pendidikan ini menggabungkan prinsip agama, moral, dan kejiwaan untuk mempersiapkan siswa untuk berpartisipasi dengan baik dalam masyarakat. Saat ini, ada banyak peluang besar untuk meningkatkan akses ke pendidikan Islam. Teknologi juga memungkinkan metode pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan menarik melalui media seperti gambar, video, dan animasi. Teknologi juga memungkinkan akses ke teks klasik, tafsir Al-Quran, hadis, dan literatur Islam dari berbagai belahan dunia.

Kata Kunci : Pendidikan Islam, Era Digital, Jalaluddin Rakhmat
Daftar Pustaka : 49 (1992 s.d 2023)
Riky Tegar Pambudi - Personal Name
119104009 - Riky Tegar Pambudi
SKRIPSI FA
Skripsi PFA
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
90 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...