I Watch, I Shop: An Explanation of Technological Affordance-Based Gratifications of Tiktok Live Streaming
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pemahaman yang lebih dalam tentang peran TikTok live streaming dalam membentuk technological affordance-based gratifications di era yang penuh interaksi digital saat ini, dan pengaruh potensialnya terhadap pembelian impulsif, khususnya pada pembelian produk kecantikan dan perawatan diri. Berlandaskan konsep Uses and Gratifications di periode komunikasi massa, penelitian ini juga didukung dengan teori Compulsive Buying Behavior (CBB), Parasocial Relationships, dan MAIN model yang menjelaskan tentang interaksi media dengan respon, keterlibatan, dan kepuasan pengguna. Pendekatan kualiatatif pada penelitian ini merangkum tanggapan yang menarik dari lima narasumber tentang pengalaman berbelanja interaktif mereka di TikTok Shop live streaming. Temuan menunjukkan bahwa fitur-fitur TikTok Shop live streaming memang dapat menghasilkan technological affordance-based gratifications, seperti rasa partisipasi, keterlibatan visual, dan eksplorasi berdasarkan MAIN model. Berbagai fitur dapat memicu rasa ingin tahu dan motivasi keputusan pembelian impulsif. Namun, pembelian impulsif di kategori produk kecantikan dan perawatan diri kurang terjadi karena peserta masih memerlukan ulasan dari pengguna lain dan nilai uang terhadap pembelian produk. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi potensi hubungan parasocial untuk meningkatkan impulsive buying, sekaligus menekankan pentingnya faktor manusiawi dalam lanskap teknologi yang terus berkembang.
Kata kunci: TikTok Shop, siaran langsung, pengalaman berbelanja interaktif, technological affordance-based gratifications, MAIN model
Kata kunci: TikTok Shop, siaran langsung, pengalaman berbelanja interaktif, technological affordance-based gratifications, MAIN model
Vindalia Annisa - Personal Name
221221042 - Vindalia Annisa
TESIS MIK
Tesis PMK
Inggris
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
xii + 103 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...