Gerakan Islam Transnasional Sulaimaniyah Perspektif Teori Mix Marketing Dan Teori Sidney Tarrow Studi Kasus: Jaringan Pesantren Sulaimaniyah Turki di Aceh
Penelitian ini tentang Strategi Marketing Gerakan Islam Transnasional : studi kasus Gerakan Sulaimaniyah Turki Di Aceh. Penelitian merupakan respon atas fenomenologi transnasionalisme Islam yang semakin berkembang pesat di Indonesia. Tujuan penelitian berusaha ini untuk mengungkapkan lebih detail atas pengaruh kehadiran gerakan Sulaimaniyah Turki di Aceh. Penelitian ini menganalisis gerakan transnasional tersebut melalui teori strategi marketing dan melalui teori gerakan sosial. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study research). Menggunakan teori Mix Marketing 7 P Philip Kloter riset ini menganalisis Gerakan Sulaimaniyah sebagai suatu gerakan yang sistematis melalui mengungkapkan sebuah product, price, place, promotion, people, process, dan Physical Evidance. Sedangkan melalui teori gerakan sosial Sidney Tarrow riset ini mengungkapkan gerakan Sulaimaniyah berbagai pengaruh dinamika kehadiran gerakan tersebut pada sektor spritual-keagamaan, pendidikan-kebudayaan, sosial-ekonomi dan politik pada masyakarat untuk melihat tantangan, peran dan prospek gerakan Sulaimaniyah di Indonesia, khususnya di Provinsi Aceh. Dalam penelitian tersebut memperoleh data dengan melakukan wawancara langsung dan tidak lansung kepada ustadz, santri, orang tua wali dan masyarkat Aceh secara umum. Hasil yang didapatkan bahwa gerakan Sulaimaniyah ini hadir dan dapat diterima oleh masyarakat Aceh karena melalui penawaran akan lembaga faslitas pendidikan yang modern, program tahfidzul qur‘an yang unggul dan sikap moderasi beragama dan budaya yang tidak bertentangan dengan kultur sosial budaya masyarakat di Aceh.
Muhammad Ridho Agung - Personal Name
220141001 - Muhammad Ridho Agung
Tesis MIAI
Tesis PMA
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
117 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...