Analisis Gatekeeping Dalam Produksi Berita Pada Media The Iconomics
Setiap masyarakat di dunia membutuhkan informasi. Informasi yang telah diverifikasi telah melewati proses jurnalistik yang berkelanjutan. Proses penyaringan informasi pada sebuah media massa disebut gatekeeping. Gatekeeping pada sebuah media dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal organisasi media. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses gatekeeping dalam produksi berita pada media The Iconomics. Peneliti menggunakan teori hierarki pengaruh untuk menjelaskan proses gatekeeping khususnya pada level rutinitas media. Selain itu, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa rutinitas media adalah kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang oleh pekerja media seperti melakukan produksi berita, penyeleksian informasi, hingga komunikasi antarpribadi anggota redaksi. Dengan kesimpulan bahwa The Iconomics sebagai media online telah menjalankan proses gatekeeping dalam tahap produksi berita. Tiap individu dalam divisi redaktur melakukan penyaringan informasi sesuai dengan porsi jobdesk-nya masing-masing sebelum berita tersebut disebarluaskan melalui website The Iconomics.
Kata kunci: Media online, Gatekeeping, Jurnalistik
Kata kunci: Media online, Gatekeeping, Jurnalistik
Firman Anggara Krisnawan - Personal Name
121206021 - Firman Anggara Krisnawan
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
74 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...