Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina Angkatan 2021.

Latar Belakang: Penggunaan Internet memiliki peranan penting dalam pembelajaran e- learning(belajar mandiri) dan luring di Indonesia. Seiring berjalannya kegiatan perkuliahan di Universitas Paramadina yang memadukan metode belajar e-learning dan luring atau yang kini disebut dengan metode blended learning, terdapat beberapa kendala yang perlu dilakukan yaitu bagaimana komunikasi yang terjalin antara dosen dan mahasiswa? Apakah baik-baik saja atau justru terjadi miss komunikasi dalam metode pembelajaran e-learning, adakah hal lain yang berhubungan dengan komunikasi dalam pembelajaran tersebut, dan apakah metode pembelajaran e-learning juga mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Hal ini dikarenakan ada beberapa mahasiswa yang kurang memiliki motivasi dalam mengikuti perkuliahan e- learning. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan e- learning terhadap motivasi belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina Angkatan 2021. Metodologi Penelitian: Pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang bersifat eksplanatif asosiatif. Peneliti memilih menggunakan kuesioner dengan teknik ,pengambilan sampel “Probability Simple Random Sampling” yang disebarkan kepada 70 sampel. Hasil Penelitian: Berdasarkan nilai F hitung sebesar 7.553. Sehingga nilai 7.553 > F tabel 2.09. Maka hipotesis diterima dan Variabel X diputuskan secara simultan berpengaruh terhadap Variabel Y. Berdasarkan nilai perbandingan t hitung sebesar 2.748. Diketahui nilai t hitung 2.748 > t tabel 2.110, maka secara parsial diputuskan bahwa ada pengaruh Variabel bebas (X) terhadap Variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Dimensi Variabel X1 s.d X12 secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa, dengan nilai R Square(Koefisien determinasi) sebesar 21.2%. Sebesar 78.8% dipengaruhi oleh Variabel lain di luar regresi atau Variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan: e-learning memiliki pengaruh positif terhadap Motivasi belajar Mahasiswa Universitas Paramadina.

Kata Kunci : e-learning, motivasi belajar, mahasiswa.
Adi Maryanto - Personal Name
121206015 - Adi Maryanto
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
161 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...