Strategi Komunikasi United Indonesia Solo Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Komunitas Pada Kalangan Penggemar Manchester United di kota Solo
Latar Belakang: Kerusuhan antar kelompok penggemar sepak bola sering terjadi di Indonesia hingga menimbulkan korban jiwa. Tragedi Kanjuruhan merupakan kejadian paling kelam di dunia sepak bola Indonesia yang menimbulkan 135 korban meninggal dunia. Hal ini membuat citra kelompok penggemar sepak bola menjadi negatif karena sering melakukan kericuhan. United Indonesia Solo (UI Solo) merupakan sebuah komunitas yang mewadahi para penggemar tim sepak bola Manchester United yang ada di kota Solo. Komunikasi merupakan sebuah kunci bagi keberlanjutan dari UI Solo. Sehingga menjadi tugas dari Divisi Komunikasi Visual dan Media Partner (Kompar) untuk bisa merumuskan strategi komunikasi yang akan dijalankan dan meningkatkan citra komunitas di masyarakat. Tujuan: dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dirumuskan oleh Divisi Kompar UI Solo untuk bisa meningkatkan citra komunitas. Metodologi penelitian: pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data: yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan penelitian. Hasil Penelitian: strategi komunikasi yang dilakukan oleh Divisi Kompar UI Solo adalah menggunakan strategi komunikasi digital melalui media sosial Instagram, dan X. Dalam perumusannya, terdapat empat tahapan yaitu mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan memilih media komunikasi. Konten yang diunggah pada media sosial UI Solo merupakan informasi tentang kegiatan komunitas yaitu nonton bareng, fun football, podcast dan juga pesan damai untuk anggota agar tidak terjadi kerusuhan. Strategi ini dinilai sudah berjalan secara optimal dan efektif untuk bisa
meningkatkan citra komunitas.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial, Citra
meningkatkan citra komunitas.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial, Citra
Andhika Maulana Veterio - Personal Name
121206007- Andhika Maulana Veterio
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
98 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...