Pengaruh Isi Konten Instagram @Mcdonaldsid Terhadap Reputasi McDonald’s Indonesia
Produk tersebut memiliki brand atau merek sebagai simbol yang berfungsi untuk membedakan dengan produk lain yang serupa. Khususnya perusahaan pangan dalam persaingan yang tinggi, sebuah reputasi yang baik memiliki manfaat bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan eksistensinya. Dengan kata lain, reputasi adalah nilai nilai keseluruhan yang diberikan oleh para pemangku kepentingan, dengan begitu reputasi dari sebuah brand perlu dijaga. Salah satu kasus mengenai reputasi sebuah brand yang saat ini sedang dihadapi oleh perusahaan atau brand makanan yaitu McDonald’s. Melalui Instagram dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa melalui platform tersebut serta membentuk sebuah reputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh konten Instagram @Mcdonaldsid terhadap reputasi McDonald’s Indonesia. Dengan metode dan sifat penelitian kuantitatif eksplanatif, yang dibantu dengan pengumpulan data dengan survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang telah ditentukan peneliti. Hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan didapatkan Koefisien Korelasi (R) = 0.838 yang dapat diartikan bahwa data menandakan kekuatan hubungan variabel (X) terhadap variabel (Y), hubungan kedua kategori tersebut kuat. Pada variable konten Instagram @Mcdonaldsid berpengaruh terhadap reputasi McDonald’s Indonesia menunjukan hasil setiap dimensinya, yaitu pada relevansi 0.753, akurasi 0.772, bernilai 0.668, mudah dipahami 0.668, mudah ditemukan 0.762, dan konsisten 0.724 pada dimensi ini menyatakan hasil yang kuat. Melalui analisis Regresi Linear Sederhana dapat disimpulkan bahwa kontribusi Konten Instagram @Mcdonaldsid dalam mempengaruhi Reputasi McDonald’S Indonesia sebesar 70.3% dalam upaya pembentukan Reputasi McDonald’s Indonesia. Selebihnya Reputasi McDonald’s Indonesia pada saat ini sebesar 29.7% lainnya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini. jadi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil olah data mengenai konten Instgaram @Mcdonaldsid memiliki hubungan yang positif dan kuat terhadap Reputasi McDonald’s Indonesia.
Kata kunci : Konten Instagram, Reputasi, McDonald’s Indonesia.
Kata kunci : Konten Instagram, Reputasi, McDonald’s Indonesia.
Desti Triyana - Personal Name
120106197 - Desti Triyana
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
159 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...