Analisis Isi Konten Instagram @photomaticsidd
Latar Belakang : Kemajuan teknologi komunikasi di era globalisasi telah mempercepat perkembangan komunikasi, dengan informasi menjadi kebutuhan yang mendesak bagi manusia. Masyarakat saat ini memerlukan sarana komunikasi yang cepat dan mudah untuk menerima dan menyebarkan informasi. Salah satu fenomena utama dalam perkembangan teknologi adalah munculnya media baru, yang ditandai dengan keterhubungan antar pengguna, interaktivitas tinggi, dan ketersediaan yang luas. Penelitian ini mengambil PT Pionir Pemoeda Berdikara (@photomaticsidid), sebuah bisnis kreatif yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana utama dalam penyebaran informasi dan komunikasi.
Tujuan penelitian: Untuk analisis karakteristik isi dari konten yang diunggah di akun Instagram @photomaticsidid dan tema apa yang paling sering muncul dalam konten @photomaticsidid. Apakah konten lebih sering berbicara tentang fotografi, gaya hidup, atau hal lainnya.Analisis konten Instagram @photomaticsidid periode 1 Januari 2023 - 31 Desember 2023 dilakukan menggunakan teori Content Matrix oleh Dr. Chaffey (2016).
Metode Penelitian :Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam mengumpulkan data dan menganalisis pola-pola pesan yang disampaikan melalui akun tersebut.
Hasil Penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram @photomaticsidid di dominasi oleh dimensi Educate dan Convince, sementara dimensi Entertain dan Inspire masih kurang terpenuhi. Kesimpulan: Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai strategi komunikasi dan pemasaran @photomaticsidid melalui platform media sosial Instagram
Kata Kunci : Analisis isi konten, Instagram, Content Matrix, @photomaticsid
Tujuan penelitian: Untuk analisis karakteristik isi dari konten yang diunggah di akun Instagram @photomaticsidid dan tema apa yang paling sering muncul dalam konten @photomaticsidid. Apakah konten lebih sering berbicara tentang fotografi, gaya hidup, atau hal lainnya.Analisis konten Instagram @photomaticsidid periode 1 Januari 2023 - 31 Desember 2023 dilakukan menggunakan teori Content Matrix oleh Dr. Chaffey (2016).
Metode Penelitian :Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam mengumpulkan data dan menganalisis pola-pola pesan yang disampaikan melalui akun tersebut.
Hasil Penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram @photomaticsidid di dominasi oleh dimensi Educate dan Convince, sementara dimensi Entertain dan Inspire masih kurang terpenuhi. Kesimpulan: Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam mengenai strategi komunikasi dan pemasaran @photomaticsidid melalui platform media sosial Instagram
Kata Kunci : Analisis isi konten, Instagram, Content Matrix, @photomaticsid
Vonny Dyah Ningtyas - Personal Name
120106161 - Vonny Dyah Ningtyas
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
167 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...