Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Efektivitas Kanal Youtube Sekretariat Presiden sebagai Media Diseminasi Informasi kepada Publik

Penggunaan internet media sosial dari hasil Survei APJII Juli 2022 terbesar di Indonesia yakni YouTube (63,02%). YouTube saat ini banyak dimanfaatkan oleh instansi sebagai media diseminasi informasi publik mengenai kegiatan instansi tersebut. Kanal YouTube Sekretariat Presiden berkembang dengan pesat dalam waktu kurang lebih 3 tahun, di antara kanal YouTube instansi pemerintah di Indonesia yang lain dengan jumlah pengikut tertinggi. Tujuan di dalam penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar tingkat efektivitas Kanal Youtube Sekretariat Presiden dapat menjadi media informasi bagi publik dan sejauh mana Kanal Youtube Sekretariat Presiden dapat menjadi media diseminasi informasi kegiatan Presiden. Metode penelitian ini adalah kuantitatif metode survei asosiatif. Variabel penelitian adalah Efektivitas komunikasi (X) dan Efektivitas diseminasi informasi (Y). Sampel sebanyak 100 subscriber dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yakni kuesioner (data primer), dokumentasi (data sekunder). Analisa data dengan statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis statistisk deskriptif menunjukkan jawaban responden pada dimensi penerima pesan, isi pesan, media komunikasi, sumber pesan, ketepatan waktu, kesadaran, perhatian, keinginan, keputusan dan tindakan
mayoritas responden berada pada kategori tinggi. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hasil masing-masing item pernyataan pada penelitian ini valid dan reliabel. Hasil uji korelasi menunjukkan efektivitas komunikasi Youtube Sekretariat Presiden memiliki hubungan yang kuat dalam pembentukan efektivitas diseminasi informasi (r=0.682). Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan efektivitas komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas diseminasi informasi
dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai r 2 sebesar 46,5%. Diharapkan penelitian ini sebagai bahan masukan bagi pengelola khanal Youtube Sekretariat Presiden untuk dapat mengevaluasi strategi pengelolaan pesan, agar dapat maksimal membentuk efektivitas diseminasi informasi. (100+x), (76), (9), (6)

Kata Kunci : Efektivitas, Kanal Youtube, Media Diseminasi Informasi
Hernasari Ayu Satiti - Personal Name
120106035 - Hernasari Ayu Satiti
Skripsi PIK
Indonesia
Universitas Paramadina
2024
Jakarta
160 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...