Penerapan Augmented Reality untuk Memperkenalkan Hewan Langka di Indonesia Berbasis Android
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Aplikasi Pengenalan Hewan Langka berbasis Android menggunakan Teknologi Augmented Reality. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dari metode pengembangan sistem waterfall dengan menggunakan tools seperti Unity 3D dan Vuforia. Penelitian ini melibatkan murid dan guru sekolah SD PSKD 6 dengan jumlah partisipan sebanyak 30 orang. Tahapan penelitian terdiri dari Requirement Document, Tahap kedua yaitu tahap design yang meliputi pembuatan UML (Unified Modeling Language) yang mencakup Usecase Diagram dan Activity Diagram. Tahap ketiga adalah Implementation, Tahap keempat adalah tahap Verification, dan Tahap kelima dan terakhir adalah tahap Maintenance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi AR untuk pengenalan hewan langka menggunakan Unity berhasil memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna untuk menjelajahi dan mempelajari hewan-hewan langka secara mendalam, termasuk fitur-fitur rotasi, suara, dan informasi detail yang memperkaya pengalaman pengguna.
Kata Kunci : Augmented Reality, Hewan Langka, Android.
Kata Kunci : Augmented Reality, Hewan Langka, Android.
Gilbert Jason Parera - Personal Name
Gilbert Jason Parera - 118103006
Skripsi PTI
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
80 hlm
LOADING LIST...
LOADING LIST...