Advanced Search

  • SEARCHING...
  • SEARCHING...

Detail Record


XML

Diplomasi Budaya Prancis Dalam Membangun Nation Branding di Indonesia Melalui Bidang Perfilman Tahun 2017-2021

Dalam upaya menjalankan praktik hubungan internasional guna mencapai kepentingan negara di Indonesia, Prancis harus memiliki identitas diri atau citra yang baik. Dengan demikian, Prancis mampu menjalin kerjasama yang baik dengan Indonesia. Seiring berjalannya waktu, aspek budaya mulai memainkan peran dalam dunia internasional. Salah satu contohnya adalah upaya Prancis dalam membangun citranya melalui budaya perfilman Prancis di tengah banyaknya kebudayaan yang dimiliki. Untuk itu, Prancis coba membangun nation branding di Indonesia melalui budaya bidang perfilman dengan diplomasi budaya. Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana upaya diplomasi budaya yang dilakukan Prancis dalam membangun nation branding di Indonesia melalui bidang perfilman pada tahun 2017 hingga tahun 2021. Adapun paradigma dan sudut pandang yang digunakan adalah Liberalisme, dengan teori Diplomasi Budaya dan juga konsep Nation Branding. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu interview dan teknik dokumentasi yang didapat dari studi kepustakaan seperti buku, jurnal, situs internet serta sumber lainnya. Hasil penelitian ini adalah diplomasi budaya yang dilakukan Prancis dalam membangun nation branding di Indonesia melalui bidang perfilman yakni dengan pengadaan berbagai macam kegiatan budaya seperti eksibisi atau pemutaran film, negosiasi dengan kerjasama perfilman, dan juga pertukaran ahli melalui seminar atau workshop, dimana hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk membawa strategi Kebijakan Luar Negeri Prancis dan mempromosikan kekhasan citra budaya perfilman Prancis.

Kata Kunci: Diplomasi Budaya, Nation Branding, Film
Bong George Aldrin - Personal Name
219131006 - Bong George Aldrin
Tesis PMH
Indonesia
Universitas Paramadina
2023
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...